Libatkan Kapal dari Belanda, Pencarian Kotak Hitam Pesawat Lion Air Bakal Dilanjutkan

Pesawat Lion Air PK-LQP yang jatuh di perairan Tanjung Pakis, Kawarang beberapa waktu lalu
Pesawat Lion Air PK-LQP yang jatuh di perairan Tanjung Pakis, Kawarang beberapa waktu lalu (Istimewa)

NASIONAL, KLIKPOSITIF -- Maskapai Lion Air akan melanjutkan pencarian bagian dari kotak hitam pesawat PK-LQP yang jatuh di perairan Tanjung Pakis, Karawang beberapa waktu lalu.

Pencarian itu dilakukan secara mandiri untuk menemukan bagian (Cockpit Voice Recorder/ CVR) serta penumpang dan kru pesawat nahas tersebut.

baca juga: Lakukan Diskriminasi, Lion Air Grup Disanksi Rp 3,3 Miliar

Corporate Communications Strategic of Lion Air , Danang Mandala Prihantoro mengatakan, pencarian dibantu oleh kapal MPV Everest asal Belanda.

"Dalam hal ini apabila ditemukan (korban) maka akan diambil dan diserahkan kepada Badan SAR Nasional (BASARNAS) guna tindakan selanjutnya sesuai prosedur," katanya dalam sebuah pernyataan resmi.

baca juga: Sebelum Sriwijaya Air SJ182, Ini 11 Kecelakaan Pesawat di Indonesia Sejak 2004

Danang menambahkan, untuk operasional pencarian, pihaknya mengucurkan dana sebesar Rp38 miliar. Terkait lokasi, akan fokus di sekitaran koordinat jatuhnya pesawat dengan nomor penerbangan JT 610 tersebut.

"Pencarian dilakukan selama 10 hari berturut-turut di bulan Desember," ujar dia. Rencananya, proses ini akan dilakukan mulai 19 Desember 2018 mendatang.

baca juga: 4 Menit Lepas Landas, Pesawat Sriwijaya Air Hilang Kontak Saat di Ketinggian lebih dari 10.000 kaki

"Saat ini kapal tersebut sudah sampai di Johor Bahru, Malaysia, diperkirakan akan sampai disini dua hari lagi," pungkasnya kemudian.(*)

Penulis: Ocky Anugrah Mahesa