Peringatan Hari Ibu di Bukittinggi Berlangsung Meriah

Peringatan Hari Ibu Nasional ke 90 berlangsung meriah di Lapangan Kantin Bukittinggi, Sabtu 22 Desember 2018.
Peringatan Hari Ibu Nasional ke 90 berlangsung meriah di Lapangan Kantin Bukittinggi, Sabtu 22 Desember 2018. (KLIKPOSITIF)

BUKITTINGGI, KLIKPOSITIF - Peringatan Hari Ibu Nasional ke 90 berlangsung meriah di Lapangan Kantin Bukittinggi, Sabtu 22 Desember 2018.

Ribuan orang dari kabupaten/kota di Indonesia tampak khidmat mengikuti jalannya Peringatan Hari Ibu yang bertepatan dengan Hari Jadi Kota (HJK) Bukittinggi ke 234.

baca juga: Sambut Hari Ibu, Tim Penggerak PKK Sumbar Swab Gratis Kaum Perempuan

Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Yohana Yembise menyebut, lewat Peringatan Hari Ibu diharapkan peran perempuan bisa menjadi teladan, pelopor, agent of change dalam pembangunan.

"Perempuan Indonesia masa kini adalah perempuan-perempuan yang tangguh, penuh inspirasi, kreatif, inovatif, berkarakter dan memiliki daya saing. Memajukan peran perempuan adalah komitmen pemerintah sejalan dengan komitmen global Sustanaible Development Goal's (SSG's) dengan prinsip "No ONE left Behind"," ungkapnya.

baca juga: Erman Safar-Marfendi Mendaftar ke KPU Bukitinggi, Ada UAS dalam Rombongan

Peringatan Hari Ibu, kata Yohana merupakan upaya untuk mengenang dan menghargai perjuangan kaum perempuan dalam masa kemerdekaan.

"Situasi saat ini masih banyak persoalan sosial yang menimpa perempuan, dimana perempuan menjadi korban kekerasan, narkoba, pornografi. Cara efektif menekannya adalah melalui peran keluarga," pesannya.

baca juga: Polres Bukitinggi Musnahkan 11 Kilogram Ganja Kering

PHI ke 90 2018, mengangkat tema Bersama meningkatkan peran perempuan dan laki-laki dalam membangun ketahanan keluarga untuk kesejahteraan bangsa.

Berbagai kegiatan sosial akan dilakukan seperti seminar, layanan kesehatan gratis, donor darah, bermain bersama anak, pembahian kaca mata gratis dan latihan pembuatn handicraft, Kendati berlangsung meriah, sayangnya Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana berhalangan hadir.

baca juga: Antisipasi Corona, Puluhan ASN Hamil Dirumahkan Wali Kota Bukittinggi

[Hatta Rizal]

Penulis: Fitria Marlina