Antisipasi Narkoba di Tahun Baru, Polres 50 Kota Lakukan Tes Urine Pengunjung Tempat Hiburan

Tes urine pengunjung tempat hiburan malam di Payakumbuh.
Tes urine pengunjung tempat hiburan malam di Payakumbuh. (istimewa)

LIMAPULUH KOTA, KLIKPOSITIF -- Menghadapi perayaan Tahun Baru 2019, Polres 50 Kota melalui Satuan Reserse Narkoba (Satresnarkoba) melakukan antisipasi masuknya narkoba melalui jalur perlintasan Sumbar-Riau. Salah satunya dengan menggelar razia ke sejumlah tempat di Limapuluh, khususnya tempat hiburan malam dan karaoke yang berada di sepanjang jalan menuju Pangkalan, Minggu 30 Desember 2018.

Kasat Resnarkoba, Iptu Despa Ningrat didampingi KBO Satresnarkoba, Ipda Jufrisam mengatakan, razia tersebut digelar untuk mengantisipasi peredaran dan penyalahgunaan narkoba wilayah hukum Polres 50 Kota yang merupakan di pintu masuk Sumbar dari Riau.

baca juga: Kabur ke Belakang Rumah, Bandar Sabu di Solok Berhasil Diringkus Polisi

Rombongan yang terdiri dari Satresnarkoba, Satreskrim dan didampingi Tim Kesehatan Polres 50 Kota menyisir warung-warung yang menjadi tempat singgah bagi pengendara yang menuju Riau atau Sumbar.

"Razia ini merupakan instruksi Kapolres 50 Kota AKBP Haris Hadis yang meneruskan instruksi dari Kapolda Sumbar terkait antisipasi peredaran narkoba menjelang tahun baru atau saat tahun baru nanti. Hal ini terutama Kabupaten 50 Kota sebagai wilayah pertama yang dilalui di Sumbar dari arah Riau," ujar Iptu Despa Ningrat

baca juga: Di Lampu Merah, Tim Gagak Hitam Satresnarkoba Payakumbuh Amankan Pelaku Sabu dan Ekstasi

Dia menjelaskan saat razia, tim memeriksa identitas pengunjung dan pemilik tempat hiburan atau karaoke. Kemudian juga langsung melakukan tes urine kepada semua yang ada di lokasi tersebut untuk membuktikan positif atau negatif dalam penggunaan dan penyalahgunaan narkoba tersebut.

"Dari beberapa lokasi yang kami lakukan razia, belum didapati adanya pengunjung atau pemilik warung atau tempat hiburan tersebut positif narkoba . Tapi kami tetap mengambil data dan hasil tes urine dari pengunjung tersebut sebagai laporan," kata Kasat Resnarkoba 50 Kota kepada KLIKPOSITIF .

baca juga: Asyik Main Domino, Dua TO Satresnarkoba Polres Tanah Datar Dibekuk

Selain itu, dia juga mengimbau kepada masyarakat untuk tetap waspada dan berhati-hati jelang tahun baru ini. Ia pun menyarankan masyarakat segera melapor kalau ada yang mencurigakan kalau mengetahui adanya peredaran dan penyalahgunaan narkoba di sekitar tempat tinggalnya.

[Ade Suhendra]

baca juga: Lomba Cipta Pusi dan Poster Semen Padang Ditutup, Panitia Terima 175 Karya

Penulis: Agusmanto