Waspada Ombak Setinggi Enam Meter Terjadi di Perairan Indonesia

ilustrasi gelombang tinggi
ilustrasi gelombang tinggi (net)

KLIKPOSITIF -- Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika ( BMKG ) mengimbau agar warga meningkatkan kewaspadaan saat memilih destinasi pantai sebagai lokasi berlibur menghabiskan malam tahun baru. Sebab, sejumlah perairan di Indonesia diprediksi akan diterjang gelombang tinggi hingga 6 meter.

Kepala Sub Bidang Analisa dan Prediksi Meteorologi Maritim BMKG , Zairo Hendrawan mengatakan, potensi gelombang tinggi diprediksi terjadi dari Minggu pagi hingga Rabu (2/1). Tingginya gelombang juga dapat beresiko tinggi terhadap keselamatan pelayaran, sehingga diminta untuk berhati-hati.

baca juga: Gempa di Pessel, Dirasakan di Sejumlah Daerah di Sumbar

"Dimohon kepada masyarakat yang tinggal dan beraktivitas di pesisir sekitar area yang berpeluang terjadi gelombang tinggi agar tetap selalu waspada," kata Zairo melalui keterangan tertulis.

Peningkatan tinggi gelombang disebabkan adanya pola tekanan rendah sebesar 1003 hPa dan 1007 hPa di Samudaera Hindia, selatan Bali, Laut Sulu, dan Laut Cina Selatan. Pola angin di utara Indonesia umumnya bergerak dari barat laut menuju timur laut dengan kecepatan angin berkisar antara 5 hingga 30 knot.

baca juga: Cuaca Buruk, Hilal Tidak Terlihat di Padang

Sementara, untuk di selatan wilayah Indonesia umumnya angin bergerak dari barat daya menuju barat laut dengan kecepatan angin berkisar antara 5 hingga 25 knot.

Dari hasil pantauan BMKG , kecepatan angin tertinggi terpantau terjadi di Laut Cina Selatan, Perairan Kepulauan Natuna dan Kepulauan Anambas, Selat Sunda, Perairan utara dan selatan Pulau Jawa, Laut Jawa, Laut Arafuru, dan Perairan Yos Sudarso. (*)

baca juga: BMKG Ingatkan Potensi Hujan Intensitas Tinggi di Sejumlah Wilayah

Penulis: Agusmanto