Tahun Baru, Pendaki Dilarang Mendekat ke Puncak Gunung Marapi

Ilustrasi
Ilustrasi (KLIKPOSITIF/Hatta Rizal)

TANAH DATAR, KLIKPOSITIF -- Pihak Kepolisian Sektor X Koto, Tanah Datar melarang pendaki untuk mendekat ke kawah Gunung Marapi di momen pergantian tahun.

Hal itu disebabkan karena peringatan yang dikeluarkan oleh PGA Marapi yang menyatakan bahwa gunung itu sedang berstatus Waspada Level II.

baca juga: HUT RI Ke-75, Ribuan Pendaki Padati Gunung Marapi

Status tersebut berarti bahwa pendaki hanya bisa mendaki hingga berjarak 3 kilometer dari bagian puncak gunung.

"Tak ada pendaki yang sampai ke Puncak. Ada Petugas Pokdarwis Koto Baru di Cadas yang melarang aktivitas pendaki ke," kata Kapolsek X Koto, AKP Rita Suryanti.

baca juga: Sore Tadi, Pendaki Yang Tersesat di Marapi Sudah Dibawa Turun

Pada hari ini, sebut Rita, setidaknya ada 1300 orang pendaki yang naik arah puncak Gunung Marapi , namun dengan peringatan itu 300 diantaranya sudah turun.

"Jumlah ini jauh berkurang dibanding tahun-tahun sebelumnya yang bisa mencapai 3000 orang, kita memang lakukan imbauan sesuai kesepakatan Forkopimda," sebut Rita.

baca juga: Kembali Dibuka, Ribuan Pendaki Padati Marapi dan Singgalang

Sementara di Singgalang, kata Rita, saat ini terpantau sebanyak 300an pendaki di malam pergantian tahun ini.

Sebelumnya, Forkopimda Tanah Datar mengeluarkan imbauan agar tak ada aktivitas pendakian radius 3 Kilometer dari kawah gunung.

baca juga: Pendakian Marapi Dibuka Kembali Untuk Umum

Pantauan KLIKPOSITIF , kebanyakan pendaki berasal dari luar daerah Sumatera Barat seperti Riau. Rute Koto Baru dipilih pendaki karena membutuhkan waktu 5-6 jam ke Puncak.

[Hatta Rizal]

Penulis: Ocky Anugrah Mahesa