Menteri Anies: Sistem Pendidikan Ganda di Jerman Bisa Dikembangkan di Indonesia

Menteri Pendidikan dan kebudayaan Anies Baswedan
Menteri Pendidikan dan kebudayaan Anies Baswedan (net)

KLIKPOOSTIF - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Baswedan berangkat ke Jerman menjalin kerja sama soal penerapan pendidikan sistem ganda (dual system). Pendidikan sistem ganda ini adalah gabungan pengajaran teori di kelas dan praktik magang di industri.

"Indonesia tidak bisa menerapkan model sistem berganda Jerman secara mentah. Namun dijadikan sebagai model di Jerman untuk bisa dikembangkan," katanya.

baca juga: MA Kabulkan Permohononan LKAAM Sumbar, KPAI Dorong 3 Kementerian Cari Jalan Lain

Anies mengatakan model pendidikan tersebut sangat sukses diterapkan di Jerman. Model pelatihan kejuruan dengan sistem ganda akan disesuaikan dengan peta jalan pengembangan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang telah disusun Kemendikbud.

Anis melihat langsung program magang siswa sekolah kejuruan ke GKN Driveline. Di sekolah itu, terdapat pembuatan komponen otomotif berteknologi tinggi. Dengan 500 karyawan, GKN mampu mencetak omzet penjualan 160 juta Euro per tahun.

baca juga: Pemkab Pessel Gratiskan Biaya Pendidikan SD dan SMP, Anggarannya Rp5,4 Miliar

Kunjungan ke Jerman ini untuk mendalami penerapan dual-system tersebut diawali ke Hessian Institute for Advanced Training in Technology (HLfT) bersama Direktur Pendidikan Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Hadiat dan Wakil ketua Komite Tetap Pelatihan Tenaga Kerja Kadin Indonesia Miftahudin.

Hessian merupakan lembaga pelatihan di Negara Bagain Hesse yang telah berpengalaman melatih guru sekolah kejuruan di lebih dari 100 negara. Anies juga mengunjungi Gewerbe Schule Groß Gerau (GSGG), sebuah SMK di Hesse yang memiliki 2.700 siswa.

baca juga: Bupati Pessel Minta Camat dan Wali Nagari Sampaikan Ini pada Masyarakat

Anies mencermati proses belajar di sekolah dan magang di industri dijalankan bersamaan di SMK yang memiliki mitra lebih dari 800 perusahaan itu. Dia mengatakan salah satu kunci sukses Jerman yang perlu diterapkan di Indonesia yaitu semua pihak yang terlibat harus mendapatkan manfaat.

Penulis: Ramadhani