Bupati Limapuluh Kota Imbau Masyarakat untuk Awasi Dana Desa

Bupati Limapuluh Kota, Irfendi Arbi saat melakukan pelantikan terhadap Wali Nagari Sungai Talang Kecamatan Guguak, Senin (7/1)
Bupati Limapuluh Kota, Irfendi Arbi saat melakukan pelantikan terhadap Wali Nagari Sungai Talang Kecamatan Guguak, Senin (7/1) (Istimewa)

LIMAPULUH KOTA , KLIKPOSITIF  -- Bupati Limapuluh Kota , Irfendi Arbi mengimbau masyarakat di daerahnya untuk ikut berperan aktif dalam melakukan pengawasan terhadap dana desa yang dikelola oleh wali nagari beserta aparat di kenagarian.

Menurut Irfendi Arbi, besarnya dana desa yang dikelola oleh nagari jadi peringatan tersendiri bagi wali nagari untuk benar-benar bisa mempertanggungjawabkan penggunaan dana tersebut.  Karena itu, pengelolaan dana nanari ini diawasi dengan ketat oleh aparat hukum, seperti kepolisian, kejaksaan, BPK dan lembaga berkompeten lainnya.

baca juga: Politisi Demokrat: Otonomi Desa Harus Lebih Jelas

“Karena anggaran nagari itu merupakan uang negara yang harus dipertanggungjawabkan, maka wali nagari harus benar-benar menggunakannya sesuai aturan. Besarannya juga tidak main-main, bahkan mencapai Rp2 Miliar,” kata Irfendi Arbi, Senin 7 Januari 2019.

Dengan besarnya dana yang dikelola tersebut, Irfendi mengatakan, wali nagari merupakan ujung tombak pembangunan nagari. Untuk itu pemimpin pemerintahan terbawah ini harus bisa menciptakan suasana kondusif dan kerjasama yang baik dengan berbagai elemen masyarakat. Tak kalah pentingnya, walinagari harus benar-benar mengayomi dan tampil sebagai suri tauladan bagi masyarakat

baca juga: Menparekraf RI Sandiaga Uno Sambangi Desa Wisata Kreatif Saribu Rumah Gonjong di Lima Puluh Kota

“Tugas ke depan semakin berat, karenanya kita mengajak seluruh elemen masyarakat mendukung wali nagari. Mari kita tingkatkan persatuan serta kesatuan dan jaga terus suasana yang kondusif ini untuk membangun nagari yang sejahtera,” tuturnya.

Tidak lupa, Irfendi Arbi juga mengingatkan setiap wali nagari untuk menjalankan amanah yang sudah diberikan warganya dengan sebaik-baiknya. Ia juga meminta wali nagari ikut melaksanakan kegiatan pemerintahan dan pembangunan menggunakan dana nagari secara transparan dan akuntabel.

baca juga: Kemendes PDTT Imbau Dana Desa Digunakan untuk Hal Ini

[Taufik Hidayat Kampai]

Penulis: Iwan R