Pasokan Telur Itik dan Telur Ayam Kampung Berkurang di Pasar Raya Padang

ilustrasi telur itik
ilustrasi telur itik (net)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Pasokan telur ayam kampung dan telur itik di Pasar Raya Padang mulai berkurang sejak sepekan lalu. "Untuk telur ayam kampung dan telur itik sudah mulai susah saat ini," ujar salah seorang pedagang telur di Pasar Raya Padang , Ika (26) saat diwawancarai klikpositif.com, Selasa 8 Januari 2019.

Dia mengatakan, biasanya dia memiliki stok telur ayam kampung dalam sepekan sebanyak 3.600 butir dan sejak awal 2019, dia hanya memperoleh sebanyak 360 hingga 500 butir sepekan.

baca juga: Pedagang Prediksi Harga Telur di Pasar Raya Padang Akan Melambung Pekan Depan, Kok Bisa?

"Untuk telur itik dan telur ayam kampung saya mendapatkan dari daerah Pesisir Selatan dan Solok, tapi saat ini benar-benar sulit didapat," lanjutnya.

Menurutnya, kurangnya pasokan tersebut terjadi karena memang musim untuk telur ayam kampung dan telur itik itu susah ditebak. "Memang susahnya itu kadang terjadi dan kami sebagai pedagang kesulitan dengan ini, sementara permintaan dari pembeli cukup banyak dan tidak terpenuhi," sambungnya.

baca juga: Pasokan Ikan Berkurang di Pasar Raya Padang, Harga Tetap Stabil

Dia berharap kedepan agar keadaan telur ayam kampung dan telur itik bisa kembali stabil dan permintaan masyarakat bisa terpenuhi.

"Untuk telur ayam kampung biasanya Rp48 ribu per 30 butir dan saat ini naik hingga Rp55 ribu per 30 butir, untuk telur itik dari harga Rp60 ribu per 30 butir menjadi Rp63 ribu per 30 butir," lanjutnya.

baca juga: Bisnis Ayam Petelur di Sumbar Menjanjikan, Audy: Konsumsi Telur Terus Meningkat

[Halbert Caniago]

Penulis: Agusmanto