Pemkab Pessel Akan Kembangkan Jengkol Bareh dan Lokan

Jengkol
Jengkol (Net)

PESSEL , KLIKPOSITIF -- Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat tengah meneliti sebuah varietas jengkol yang diklaim paling enak terdapat di daerah tersebut.

"Saat ini kita tengah mengejar sertifikasinya. Setelah dapat sertifikasi baru kita kembangkan," sebut Kabid Tanaman Pangan dan Hortikultura, Distanhorbun Pessel , Hamijon pada KLIKPOSITIF .

baca juga: Peringati Hari Santri Nasional, Guru dan Santri MTI Ashabul Kahfi Pessel Gelar Zikir dan Salawatan

Dia menjelaskan, dua varietas jengkol unggulan tersebut dinamakan bareh dan lokan. Hal itu diklaim enak, setelah ada hasil penelitian dari Balai Penelitian Buah (Balitbu) Tropika Aripan Sumatera Barat tahun lalu.

Dari peneletian itu diketahui kadar amilosa dan kadar kapur yang terkandung pada daging jengkol jauh lebih unggul, jika dibanding dengan jenis jengkol lainnya yang ada di Indonesia.

baca juga: Langgar Perda AKB, 53 Warga Pessel di Sanksi Karena Tidak Pakai Masker

Menurutnya, untuk produktivitas dua varietas jengkol tersebut saat ini paling banyak ditemukan di Kecamatan Pancungsoal. Di daerah ini bisa dikatakan, kecamatan paling banyak menghasilkan varietas tersebut.

"Tapi kalau kita ingin mengklaim ini, tentu kita harus mengejar legalitas terlebih dahulu," jelasnya.

baca juga: Bawaslu RI Temukan 601 Pemilih Ganda Dalam Proses DPT Pilkada di Pessel

Ia berharap, setelah adanya sertifikasi, varietas dua jengkol tersebut bisa dikembangkan.

"Tujuannya tentu untuk masyarakat kita juga, supaya bisa membudidayakan dan meraup pundi-pundi rupiah lebih banyak dari penjualannya jika dibandingkan saat ini," tutupnya.

baca juga: Diguga Terlibat Narkoba, Seorang Oknum Guru PNS Ditangkap Polisi di Pessel

(Kiki Julnasri)

Penulis: Rezka Delpiera