Jokowi Ingin Regulasi Kendaraan Listrik Segera Rampung

Ilustrasi
Ilustrasi (Net)

NASIONAL, KLIKPOSITIF -- Presiden Joko Widodo menginginkan regulasi yang mengatur program kendaraan bermotor ini disiapkan dan segera diselesaikan, sehingga Indonesia dapat beralih lebih cepat lagi menjadi pemain utama dalam kendaraan bermotor listrik.

Ia menjelaskan, perencanaan dan pengembangan kendaraan bermotor listrik ini dapat dilakukan secara terpadu, terintegrasi antara Kementerian/Lembaga.

baca juga: Isu Reshuffle Kabinet, Netizen Ramai Ajukan Susi Pudjiastuti

"Tentu saja jangan lupa melibatkan swasta baik dari sisi risetnya, inovasinya, anggarannya sampai dengan penyediaan infrastruktur yang dibutuhkan," katanya dalam sebuah rapat terbatas dengan para Menteri, Senin 14 Januari 2018 kemarin.

Alasan Jokowi untuk segera merampungkan regulasi kendaraan listrik tersebut adalah karena saat ini banyak negara di dunia yang mulai berlomba-lomba menjadi yang terdepan dalam mengembangkan teknologi kendaraan listrik .

baca juga: Pakar Semiotika: Amarah Jokowi Sudah Level Sembilan, Ancamannya Sangat Serius

Ia menilai, selain karena ramah lingkungan, kendaraan bermotor listrik juga mengurangi ketergantungan pada energi fosil.

"Melalui kendaraan bermotor listrik kita juga dapat mengurangi pemakaian BBM mengurangi ketergantungan pada impor BBM yang berpotensi menghemat kurang lebih Rp798 triliun," pungkasnya kemudian.

baca juga: Presiden Perintahkan Kemenkes Segera Cairkan Insentif Tenaga Medis

Apalagi, katanya, pengembangan kendaraan bermotor listrik harus digunakan sebagai momentum untuk penyiapan SDM (Sumber Daya Manusia) Indonesia yang mampu menguasai teknologi terkini.

Ditambah lagi, hal itu sekaligus digunakan untuk penciptaan nilai tambah efek multiflier melalui upaya memperbesar kandungan komponen dalam negeri TKDN (Tingkat Komponen Dalam Negeri).(*)

baca juga: Presiden Jokowi Ulang Tahun ke-59, Banjir Ucapan dari Warganet

Penulis: Ocky Anugrah Mahesa