CVR Pesawat Ditemukan, Ini Tanggapan Lion Air

Ilustrasi
Ilustrasi (Ist)

KLIKPOSITIF -- Maskapai Lion Air Group mengapresiasi kerja TNI dan Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) yang telah berhasil menemukan cockpit voice recorder (CVR) milik pesawat PK-LQP yang jatuh di perairan Karawang, Jawa Barat.

" Lion Air (kode penerbangan JT) member of Lion Air Group menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi kepada tim penyelam TNI Angkatan Laut, Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT), beserta pihak terkait lainnya yang telah melakukan pencarian dan menemukan salah satu kotak hitam (black box), yaitu alat perekam suara di ruang kemudi pilot (cockpit voice recorder/CVR) berkaitan dengan penerbangan JT-610," kata Corporate Communications Strategic Lion Air , Danang Mandala Prihantoro melalui keterangan tertulis yang diterima KLIKPOSITIF .com, Selasa (15/1/2019).

baca juga: Menkeu: Selain Pandemi, APBN Juga Difokuskan untuk Hadapi Perubahan Iklim

Ia menambahkan, selain penemuan CVR pihak TNI AL telah menemukan beberapa bagian diduga tubuh (body part) korban Lion Air . Danang mengatakan bagian tubuh tersebut akan diserahkan ke Tim Disaster Victim Identification (DVI) RS Polri.

" Lion Air secara resmi telah menyerahkan CVR kepada KNKT, dan benda yang diduga body part kepada Tim DVI Polri guna proses lebih lanjut, yang akan dilakukan sesuai prosedur," ucapnya.

baca juga: Bantu Penanganan Pandemi, Kemenag Realokasi Hampir Rp2 Triliun Anggaran pada 2021

CVR Lion Air ditemukan lewat misi pencairan yang melibatkan Pusat Hidrografi dan Oseanografi TNI AL (Pushidrosal) dengan mengerahkan KRI Spica-934. CVR Lion Air terdeteksi lewat alat di KRI Spica di koordinat 05 48 46,503 S-107 07 36,728 T di perairan Tanjung Karawang dan dapat diangkat dari kedalaman 30 meter oleh tim penyelam TNI AL.

Tim penyelam juga berhasil mengangkat 7 kilogram bagian tubuh yang diduga milik korban Lion Air JT 610. Bagian tubuh itu kebanyakan yang ditemukan berupa tulang belulang. (*)

baca juga: Greysia-Apriyani Raih Emas Olimpiade Tokyo, Muhaimin: Perjuangan yang Hebat

Penulis: Eko Fajri