Prabowo Sebut Gaji Dokter Kecil, IDI Ungkap Hal Ini

Ilustrasi
Ilustrasi (Net)

KLIKPOSITIF -- Ketua Umum Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia ( IDI ) Daeng Mohammad Faqih tak menampik kalau kesejahteraan dokter di Indonesia masih kurang. Daeng menyebutkan masih banyak dokter umum di Indonesia yang berpenghasilan di bawah Rp3 juta.

Daeng menuturkan, berdasarkan catatan IDI jumlah dokter di seluruh Indonesia ada sekitar 167 ribu orang.

baca juga: Jika Kasus Covid-19 Tak Meningkat Usai Lebaran, Ini Penjelasan Ahli

Namun, 80 persen atau sekitar 130 ribu diantaranya merupakan dokter umum yang mayoritas penghasilan mereka di bawah Rp 3 juta.

"Mereka-mereka ini (dokter umum) yang berada di garda depan memang gajinya masih ada yang di bawah Rp3 juta," kata Daeng saat dihubungi Suara.com jaringan KLIKPOSITIF , Selasa (15/1/2019).

baca juga: Indonesia Urutan 18 Kasus Pandemi Covid-19 Dunia

Meski begitu, Daeng mengatakan, tidak bisa membandingkan penghasilan dokter dengan juru parkir sebagaimana yang diungkapkan Prabowo Subianto.

Daeng menegaskan memang penghasilan dokter khususnya bagi dokter pemula dan umum masih minim.

baca juga: Sebut Resiko Kerjanya Tinggi, Said Didu Usulkan Gaji Ngabalin Dinaikkan

"Kalau membandingkan saya tidak bisa, karena saya pribadi tidak tahu berapa gaji tukang parkir. Tapi ya itu tadi, dari laporan kawan-kawan di daerah memang gaji untuk dokter pemula dan umum itu kira-kira masih di bawah Rp3 juta. Apalagi kalau tidak ada insentif dari Pemerintah Daerah," imbuhnya.

Bersamaan dengan itu, Daeng berharap kepada kedua pasangan Capres dan Cawapres di Pilpres 2019 nantinya bisa lebih memperhatikan kesejahteraan dokter .

baca juga: Rencana Kenaikan Tarif PPN, Wakil Ketua DPR: Tambah Beban Hidup Masyarakat

"Kami ingin nanti siapa pun yang terpilih bisa membantu biaya pendidikan bagi Fakultas Kedokteran. Jangan sampai dengan biaya mahal justru penghasilan dokter masih minim," pungkasnya.

Sebelumnya, Prabowo Subianto menyebutkan kalau gaji dokter lebih kecil dari juru parkir. Hal itu disampaikan Prabowo dalam Pidato Kebangsaan bertajuk 'Indonesia Menang' di JCC, Jakarta, Senin (14/1/2019) malam.

" Dokter kita harus dapat penghasilan layak. Sekarang banyak dokter kita gajinya lebih kecil dari tukang jaga parkir mobil," tutur Prabowo. (*)

Penulis: Eko Fajri