Car Free Day akan Diterapkan di Jalan Khatib Sulaiman Padang

()

PADANG , KLIKPOSITIF -- Mulai Minggu 20 Januari 2019 dan setiap akhir pekan ke depan, kawasan Khatib Sulaiman akan diterapkan " Car Free Day " (CFD) atau bebas kendaraan bermotor, baik roda dua maupun roda empat. Penutupan jalan akan dilakukan mulai pukul 06.00 WIB hingga pukul 10.00 WIB.

"Program CFD ini sangat bagus. Karena, program ini akan memberikan peluang bagi masyarakat untuk melakukan aktivitas di pagi hari pada akhir pekan. Apalagi, bagi mereka yang berkeluarga, mereka dapat bersantai dengan berolahraga, jalan santai, bersepeda atau berkegiatan lain," ujar Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno, Selasa 15 Januari 2019 usai rapat persiapan CFD di Istana Gubernur.

baca juga: DPRD Padang Rencana Gunakan Hak Interpelasi pada Wali Kota, Terkait Hal Ini

Disebutkan Irwan, secara teknis nanti pelaksanaan akan dilakukan Dispora Sumbar. Dengan mengundang berapa stakeholder terkait untuk terlibat serta mengimbau masyarakat untuk datang bersama keluarga ke CFD ini diharapkan nantinya kawasan ini akan menjadi ramai, seperti Taplau dan Gor H Agus Salim setiap pagi di akhir pekan.

"Untuk itu, kita minta Dispora untuk terus menggencarkan akan ada CFD di Jalan Khatib Sulaiman setiap akhir pekan kepada seluruh masyarakat sehingga program CFD dapat terus berlanjut ke depannya," katanya.

baca juga: DPRD Padang Minta Pemko Tetap Gunakan Data Lama Untuk BLT

Sementara itu, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Sumbar, Adib Alfikri mengungkapkan, sebelum melaksanakan CFD yang direncanakan di kawasan KHatib Sulaiman, pihaknya telah melakukan survei dalam beberapa hari ini bahwa kawasan itu setiap Minggu pagi memang lengang. Adapun aktivitas kendaraan itu tidak banyak.

"Untuk itu, saat CFD nanti di sepanjang Jalan Khatib Sulaiman ini akan ada pengalihan arus. Sebab, kedua jalan ini akan dijadikan lokasi bagi masyarakat untuk melakukan aktifitasnya, baik itu olahraga, senam, bersepeda ataupun lainnya," katanya.

baca juga: Minimarket Berbasis Syariah Diresmikan di Kota Padang

Jadi kata Adib, untuk pengalihan arus jalan, pihaknya telah berbicara dengan pihak terkait, dan CFD ini karena memakai jalan sepanjang Khatib Sulaiman. Sistem CFD ini akan mengelilingi kawasan Khatib Sulaiman.

"Contohnya, mulai dari depan Mesjid Raya Sumbar nanti akan mengeliling ke arah RM Lamun Ombak. Jadi masyarakat hanya mengitari sepanjang Jalan Khatib Sulaiman itu saja," katanya.

baca juga: Gowes Siti Nurbaya, Pegiat Sepeda: Panitia Harus Perketat Tiga Titik Ini

Sedangkan untuk kuliner dan parkiran nanti akan ditata dengan rapi. Menurutnya, sepanjang Jalan Khatib Sulaiman itu dari jalan dan trotoar hanya untuk beraktivitas masyarakat.

"Parkir dan kuliner nanti akan ditata dengan rapi lokasinya. Sehingga, CFD ini benar-benar dirasakan masyarakat penataan memang benar-benar rapi dan dapat dinikmati masyarakat beraktivitas di minggu pagi," pungkasnya.

[Joni Abdul Kasir]

Penulis: Iwan R