Selesai Dibangun, Gedung Baru DPRD Sumbar Siap Digunakan

Peresmian gedung baru DPRD Sumbar
Peresmian gedung baru DPRD Sumbar (KLIKPOSITIF/Khadijah)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sumatera Barat telah bisa menggunakan gedung baru setinggi enam lantai yang dibangun sejak tahun 2015 lalu.

Gedung legislatif tersebut telah selesai dibangun dan diresmikan langsung oleh Gubernur Sumatera Barat, Irwan Prayitno, Jumat 18 Januari 2019.

baca juga: Bawa Sabu, Seorang Pria Ditangkap di Depan Mapolres Pariaman

"Alhamdulillah pembangunan gedung baru DPRD Sumbar yang pengerjaannya selama tiga tahun dengan anggaran multiyears telah selesai dan telah bisa digunakan dan diresmikan," katanya.

Irwan mengapresiasi kesabaran anggota DPRD Sumbar menunggu pembangunan gedung selesai, sebab pembangunannya menggunakan dana berjangka yang dialokasikan sejak tahun 2015.

baca juga: Proses Verifikasi Faktual Pilkada di Pessel Berjalan Lancar

"DPRD Sumbar tidak menggunakan anggaran dalam satu tahun karena kalau pakai anggaran satu tahun untuk satu gedung ini saja tentunya Pemda bisa kewalahan," sebut Irwan.

Sementara Ketua DPRD Sumbar , Hendra Irwan Rahim menyebutkan bahwa gedung baru ini sudah sesuai dengan kebutuhan lembaga legislatif daerah tersebut, pasalnya gedung yang lama tidak bisa lagi menampung jumlah anggota.

baca juga: Pantai SUTA Kampung Pandan, Objek Wisata 90-an yang Kini Hadir Kembali

Dengan keterbatasan tersebut, menurut dia kerja dewan jadi kurang maksimal. Bahkan tidak jarang anggota dewan berebut tempat dalam satu ruangan.

"Gedung lama yang dibangun tahun 1995 hanya bisa menampung sebanyak 45 orang anggota dewan, sedangkan sekarang jumlah anggota mencapai 65 orang," ungkap politisi Partai Golkar itu.

baca juga: Pemko Padang Targetkan Pertumbuham Ekonomi Tak Minus

Tidak hanya anggota, jumlah pegawai dan tenaga outsourcing juga lebih banyak dari kapasitas yang tersedia di gedung yang lama.

"Gedung yang lama hanya cukup untuk menampung ruangan 60 orang pegawai, sementara sekarang jika ditambah tenaga kontrak outsourcing pegawai DPRD saat ini sudah mencapai 150 orang lebih," ucap dia.

Ia menjelaskan, gedung baru DPRD ini terdiri enam lantai, lantai dua sampai enam masing-masingnya akan diisi 13 ruang kerja dewan.

Sementara lantai satu akan dioptimalkan untuk ruang rapat badan anggaran (Banggar) dan badan musyawarah (Bamus). Pada lantai satu juga akan ada resepsionis yang siap menyambut setiap tamu yang berkunjung

"Perencanaan kontruksi bangunan gedung baru DPRD telah dimulai pada tahun 2015. Selanjutnya pembangunan berjalan sampai tahun 2018 dengan total anggaran yang dihabiskan sekitar Rp53 miliar termasuk biaya perencanaan dan pembangunan fisik," paparnya.

Selain itu, meski jumlah anggota DPRD Sumbar yang ada sekarang baru 65 orang, ulas dia, kapasitas gedung baru disediakan untuk 75 orang anggota.

Tujuannya, kalau periode selanjutnya ada penambahan jumlah anggota, DPRD tidak perlu lagi melakukan penambahan ruangan baru.

Adapun fasilitas mobilier yang tersedia digedung baru DPRD ini diantaranya, meja, kursi, LCD, kursi tamu, kulkas kecil, kemudian masing-masing dewan diruangannya mendapatkan fasilitas Televisi (TV).

"Semoga dengan adanya gedung baru ini, semua anggota DPRD Sumbar dapat meningkatkan kinerjanya dan diharapkan dengan adanya gedung baru ini, saat rapat maupun sidang teman-teman anggota dewan dapat hadir 100 persen," pungkasnya kemudian.

[Khadijah]

Penulis: Ocky Anugrah Mahesa