Ruang Didik Bintang Harau Serahkan Bantuan Alquran ke Masjid Nagari Harau

Penyerahan sedekah Alquran ini diberikan langsung oleh Andy Marchdee kepada perwakilan pengurus Masjid Nur Hidayah, Zulfikri dan Ustadz Yulizal Asyari.
Penyerahan sedekah Alquran ini diberikan langsung oleh Andy Marchdee kepada perwakilan pengurus Masjid Nur Hidayah, Zulfikri dan Ustadz Yulizal Asyari. (KLIKPOSITIF/Ade Suhendra)

LIMAPULUH KOTA, KLIKPOSITIF - Ruang Didik Bintang Harau serahkan sebanyak 80 alquran ke Masjid Nur Hidayah, Nagari Harau, Jumat 18 Januari 2018. Penyerahan sedekah Alquran ini diberikan langsung oleh Andy Marchdee kepada perwakilan pengurus Masjid Nur Hidayah, Zulfikri dan Ustadz Yulizal Asyari.

Andy Marchdee, relawan di Ruang Didik Bintang Harau mengatakan alquran tersebut berasal dari donasi yang diberikan kepada Bintang Harau melalui relawan yang datang setiap minggu ke Harau. Ia menjelaskan bahwa pengumpulan alquran ini juga merupakan program terbaru Bintang Harau yang diberi nama Darul Musthafa yang berarti Rumah Pilihan.

baca juga: Payakumbuh Dinilai Sukses Integrasikan SPBE, Riza Didapuk Sebagai Narasumber Oleh BPK RI Sumbar

"Ini adalah program religi atau keagamaan di Bintang Harau . Biasanya kami fokus di olahraga badminton dan kesenian. Tapi di tahun 2019 ini kami mencoba membuka ruang bagi adik-adik di Nagari Harau melakukan kegiatan keagamaan yang direncanakan digelar setiap Jumat sore," kata Andy didampingi beberapa relawan Bintang Harau seperti Yudha Pratama, Rovindo Maisya, dan Embot.

Ia menjelaskan keputusan memberikan bantuan Alquran ini setelah melihat kondisi di masjid yang kekurangan Alquran. Menurut jamaah, kalaupun Alqurannya ada, kondisinya juga sudah banyak yang robek dan kurang layak digunakan.

baca juga: Ini Sejumlah Persoalan di PDAM Payakumbuh yang Mesti Dibenahi

"Alhamdulillah, setelah membuka donasi sejak awal Januari lalu atau sekitar dua minggu, kawan-kawan banyak yang memberikan respon positif. Salah satunya dengan memberikan sumbangan berupa uang dan langsung dibelikan Alquran," ujar Andy yang juga aktif di Sanggar Seni Minang Center Payakumbuh .

Sementara itu, pengurus Masjid Nur Hidayah, Zulfikri dan Yulizal Asyari memberikan apresiasi dan mengucapkan terimakasih atas kepedulian relawan Bintang Harau . Sehingga Alquran yang berjumlah 80 tersebut dapat dipakai dan dimanfaatkan oleh masyarakat atau surau/musala yang ada di sekitar Nagari Harau.

baca juga: Fraksi Demokrat DPRD Payakumbuh Tolak Wacana Pembangunan Masjid Agung di Pakan Sinayan

"Terimakasih kami ucapkan atas bantuan dan sumbangan Alquran ini. Semoga nantinya dapat bermanfaat dan menjadi amal saleh bagi relawan dan donatur yang telah memberikan sumbangan kepada kami di sini," kata Zulfikri yang dalam minggu ini akan berangkat Umrah ke Tanah Suci Makkah.

Selain di Masjid Nur Hidayah dan beberapa mushala yang ada di Harau. Alquran ini juga diberikan kepada salah satu ruang kreatif yang terletak di daerah Gantiang, Harau yaitu Sokola Alam.

baca juga: Warga Acuh dengan Protokol Kesehatan COVID-19, Wako Payakumbuh Ingatkan Hal Ini

[Ade Suhendra]

Penulis: Fitria Marlina