Pemudik, Ini Jalur Hindari Macet di Pusat Kota Payakumbuh

Polisi sedang membuat posko pengamanan lebaran di Payakumbuh.
Polisi sedang membuat posko pengamanan lebaran di Payakumbuh. (Dok.Polres Payakumbuh)

KLIKPOSITIF -- Pemudik yang melewati Payakumbuh melewati jalur pusat kota diprediksi akan mengalami kemacetan. Sebab--di jalur itu--lokasi parkir dan pasar sangat berdekatan.

Pantauan KLIKPOSITIF , lokasi parkir persis di tepi jalan pusat kota. Sementara di samping kanan (arah Pekanbaru) adalah gabungan pasar tradisional dan modern. Kondisi ini yang membuat kemacetan sulit dihindari.

baca juga: 5 Tanda Manusia Sukses Lewati Ujian Bulan Ramadhan

Maka tak heran, jalur ini sangat sibuk tak hanya oleh pengendara, tapi juga disesaki penjual dan pedagang.

baca juga: Besok Lebaran, Menaker: Masih Banyak Perusahaan yang Mau Berikan THR Hari Ini

Kasat Lalu Lintas Polres Payakumbuh AKP Herman mengatakan untuk menghindari macet di jalur itu, ia meminta pemudik yang menuju Pekanbaru atau sebaliknya menempuh jalur alternatif.

Jalur alternatif di antaranya jalan lingkar utara jika pemudik ingin ke Pekanbaru atau sebaliknya. Jalur ini menghindari pusat kota yang sering macet. Pemudik akan melewati pemandangan sawah dan bukit melewati jalur ini.

baca juga: Meski Dilarang Pemerintah, 1,2 Juta Warga Mudik dari Jakarta

Jika ingin ke Batusangkar, pemudik dapat melewati jalan Pahlawan. Jalur ini juga menyuguhkan pemandangan indah dengan hamparan sawah dan bukit-bukit.

AKP Herman mengatakan, pihaknya juga membuat beberapa pos untuk sumber informasi bagi pemudik. Posko didirikan di tiga titik yaitu Pusat Kota Payakumbuh, Ngalau Indah, dan Piladang.

baca juga: Lebaran Segera Tiba, Mendes PDTT Minta BLT dari Dana Desa Segera Dibagikan

Hingga menjelang H- 6 lebaran, AKP Herman menyebutkan telah mulai terjadi kepadatan kendaraan. "Kemungkinan kepadatan ini terjadi hingga menjelang Idul Fitri," ujarnya.

[Arya Irfanus]

Penulis: Pundi F Akbar