Ini Harapan Pemko Sawahlunto dalam Pengelolaan Dana Desa

Ilustrasi
Ilustrasi (Net)

SAWAHLUNTO , KLIKPOSITIF -- Wakil Wali Kota Sawahlunto , Zohirin Sayuti berharap dana desa dapat digunakan untuk program padat karya.

"Yang kami harapkan dana desa tersebut, semaksimal mungkin berputar di desa saja, tidak keluar. Jangan sampai dana desa dikerjakan oleh kontraktor," katanya.

baca juga: Politisi Demokrat: Otonomi Desa Harus Lebih Jelas

Zohirin mencontohkan, setiap pekerjaan yang dikerjakan, tukangnya dari masyarakat desa tersebut. "Bahan-bahannya harus dibeli di toko yang ada di desa, misalnya semen. Jika tidak ada, Pemerintah Desa harus mendorong pendirian toko bangunan di desa tersebut," ungkapnya.

Dengan berputarnya dana desa di masing-masing desa tentu akan berpengaruh pada pendapatan masyarakat. "Dengan sendirinya ekonomi masyarakat akan bergerak naik, dan dengan naiknya ekonomi juga akan berefek pada sumber daya manusia desa," ulasnya.

baca juga: Usai Kunjungan Andre Rosiade-Kepala Daerah, Erick Thohir Turunkan Tim ke Sumbar

Diketahui, Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) Kota Sawahlunto terus mengalami peningkatan. Dibandingkan dengan APBDes tahun lalu, APBDes 2019 yang akan digunakan 27 desa pada empat kecamatan, mengalami kenaikan Rp6,68 miliar atau naik 10,44 persen.

APBDes 2018 lalu mencapai Rp64,05 miliar, kini anggaran yang dikelola langsung pemerintahan terdepan itu, mencapai Rp70,74 miliar. Jika dibandingkan dengan APBDes ketika dimulai 2015 silam, hanya dialokasikan sebesar Rp19,17 miliar.

baca juga: Eratkan Kerjasama Kelistrikan, PLN Sawahlunto Kunjungi Walikota

APBDes sendiri berasal dari empat sumber, mulai dari Dana Desa dari pemerintah pusat, Alokasi Dana Desa dari APBD Sawahlunto , serta ditambah dengan Dana Bagi Hasil Pajak, dan Dana Bagi Hasil Retribusi Daerah.

Desa Lumindai di Kecamatan Barangin merupakan desa dengan APBDes terbesar, yang mencapai Rp4,76 miliar. Sedangkan desa yang memiliki APBDes terkecil yakni Desa Salak di Kecamatan Talawi, dengan anggaran mencapai Rp2,34 miliar.

baca juga: Membanggakan, Grup Randai Alang Babega Desa Talawi Hilie Sawahlunto Ukir Prestasi di Festival Randai Sumbar 2021

[Muhammad Haikal]

Penulis: Iwan R