Sekda: Penempatan Pos TNI AL di Pessel Masih Tunggu Surat Lantamal

Ilustrasi
Ilustrasi (Net)

PESSEL , KLIKPOSITIF -- Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat, mendukung adanya penempatan atau pendirian Pos Tentara Nasional Indonesia (TNI) Angkatan Laut , di bagian selatan daerah ini.

Sekretaris Daerah (Sekda) Pesisir Selatan, Erizon mengatakan, sejauh ini masih menunggu surat resmi dari Pangkalan Utama Angkatan Laut (Lantamal) II Padang, dan recananya akan ditempatkan di pantai Air Haji, Kacamatan Linggo Sari Baganti.

baca juga: Karena Tiga Hal, DPRD Agenda Interpelasi Bupati Pessel

"Kami menyambut baik rencana pendirian Pos AL di Kecamatan Linggo Sari Baganti. Hingga kini pemerintah daerah masih menunggu surat resmi dari Pangkalan Utama Angkatan Laut (Lantamal) II Padang," sebut Sekda Pessel Erizon, saat menggelar pertemuan dengan Komandan Satuan Patroli (Satrol) Lantamal II Padang.

Dia menjelaskan, untuk kelanjutan rencana tersebut, Pemkab Pessel siap memfasilitasi dan membantu pendirian Pos AL tersebut, termasuk dalam penyediaan lahan untuk dijadikan kantor dan dermaga kapal patroli nantinya.

baca juga: Pengelola Wisata Serahkan Satwa Dilindungi ke BKSDA Agam

"Pada prinsipnya, bapak bupati tentu sangat setuju dan mendukung penuh pendirian Pos AL ini. Sebab, ini sudah wacana yang sangat lama, pemerintah daerah siap memfasilitasi apa yang dibutuhkan nantinya,"terangnya.

Mendapat dukungan tersebut, Dansatrol Lantamal II Padang Kolonel ( Laut ) Joko Triwanto mengakui, dalam waktu dekat pihaknya bakal menyiapkan surat-surat yang diperlukan, seterusnya akan disampaikan kepada Bupati Pessel Hendrajoni.

baca juga: Dicokok di Rumah, Jaksa Pinangki Dijebloskan ke Rutan Salemba

"Alhamdulillah, respon bupati sangat baik. Dan ini akan segera kami tindaklanjuti dengan melengkapi segala persyaratan administrasi untuk pendirian Pos AL ke Mabes TNI AL,"terangnya.

Menurutnya, adanya rencana pendirian Pos AL di wilayah perairan selatan di daerah ini, tujuannya adalah untuk memperluas jangkauan. Terutana dalam mengawasi dan mencegah terjadi illegal fishing serta aktivitas lainnya berlawanan dengan hukum .

baca juga: Lolos Saat Penangkapan Pengedar Sabu, TM Kini Jadi Buronan Polisi Pariaman

"Dalam mencegah pratek illegal fishing, pihak kami akan mengedepankan upaya persuasif dan memberikan aspek pembinaan. Jika sudah dibina, tapi tetap membandel, baru kami lakukan penindakan,"ujarnya.

Lanjutnya, adanya rencana tersebut merupakan tindaklanjut dari hasil peninjauan, dan permohanan dari pemerintah nagari setempat. Sebab, maraknya aktivitas pelangaran hukum di laut , dibutuhkan adanya Pos AL sebagai pengamanan.

"Jadi, pendirian Pos AL ini adalah realisasi dan permohonan dari tiga wali nagari di Kecamatan Ranah Pesisir dan empat wali nagari dari Kecamatan Lengayang yang di ketuai oleh Wali nagari Pasia Pelangai," tutupnya. (Kiki Julnasri)

Penulis: Eko Fajri