BNPB: Jumlah Korban Kecelakaan Mudik lebaran Melebihi Korban Bencana Setahun

ilsutrasi
ilsutrasi (net)

KLIKPOSITIF – Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho menyebutkan jumlah korban kecelakaan selama mudik Lebaran melebihi korban bencana selama satu tahun.

Dia menjelaskan total korban jiwa akibat kecelakaan mudik lebaran tahun lalu sebanyak ebanyak 657 jiwa. Sedangkan pada mudik tahun 2014 jumlah korban jiwa akibat kecelakaan mencapai 714 jiwa. Pada tahun 2015 jumlah korban bencana sebanyk 276 jiwa dan 662 jiwa pada bencana 2014.

baca juga: BNPB Prioritaskan Evakuasi Korban Gempa Karangasem dan Bangli

"Jumlah korban jiwa ini didominasi oleh kecelakaan kendaraan roda dua," ujarnya Kamis 30 Juni 2016.

Moda angkutan lebaran lainnya seperti kereta api, udara, laut, dan penyeberangan tidak pernah terjadi kecelakaan pada dua tahun terakhir.

baca juga: Terjunkan 2 Helikopter Waterbombing, Kebakaran Hutan di Kampar Berhasil Dipadamkan

Sutopo menuturkan ancaman bencana saat mudik kali ini tetap tinggi, khususnya bencana banjir, longsor, dan puting beliung akibat anomali cuaca. Ancaman gempa bumi dan tsunami tidak dapat diprediksikan secara pasti dan dapat terjadi setiap saat," ujar Sutopo.

Dia menyebutkan peta sebaran potensi banjir cukup merata di Pulau Jawa, terutama di jalur Pantura, Jawa Barat bagian utara, Jawa Tengah bagian utara dan selatan, serta beberapa lokasi yang tersebar merata di Jawa Timur.

baca juga: PON XX Ditengah Pandemi Covid-19, BNPB Kirim Tiga Juta Masker ke Papua

BNPB mengimbau pemudik untuk meningkatkan kewaspadaan dan berhati-hati terhadap kondisi saat mudik yang diprediksi dengan intensitas hujan tinggi dan potensi banjir dan longsor.

Penulis: Ramadhani