Hadiri Panen Bawang Merah di Agam, Kadis TPHP Sumbar Tercengang

Ilustrasi
Ilustrasi (Pixabay)

AGAM, KLIKPOSITIF -- Hasil panen bawang merah di lahan Kelompok Tani Maju Jaya Nagari Parik Panjang, Kecamatan Matur, Kabupaten Agam, mencapai 48 ton per hektar.

Kepala Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan (TPHP) Sumatera Barat, Candra dan Kepala Dinas Pertanian Agam, Isman Imran ungkap salut dengan hasil penan tersebut, saat ikut memanen bawang merah itu, Senin (28/1).

baca juga: Kemenag Terbitkan SE Panduan Ibadah Ramadan dan Idul Fitri, Ini 11 Poinnya

Candra mengaku salut dan bangga karena ini merupakan hasil spektakuler bagi petani, bahkan ia belum pernah melihat umbi bawang merah yang dipanen sebesar di Keltan Maju Jaya tersebut.

"Dengan hasil yang didapat, hendaknya petani juga memahami bagaimana penanganan pasca panen, sehingga dapat mengurangi resiko kehilangan hasil," ujarnya.

baca juga: Sidak di Kantor Dinas TPHP, Mahyeldi Tekankan Disiplin Kelengkapan ASN

Dikatakan, melalui usaha dan kerja keras, tidak menutup kemungkinan nantinya Nagari Parik Panjang bisa menjadi salah satu sentra komoditi pertanian unggulan, termasuk dalam pengembangan bawang merah.

"Hasil panen ini menunjukkan bahwa potensi Kabupaten Agam secara umum sangat luar biasa," ulas Kepala Dinas Pertanian Agam, Isman Imran.

baca juga: Perjalanan Spiritual Marcell, dari Agnostik, Pindah-pindah Agama Hingga Akhirnya Putus Peluk Islam

Pihaknya akan terus mencoba kembangkan komoditi tersebut, dengan melakukan kajian serta penelitian agar program tepat guna. Sehingga petani merasakan keuntungan dari semua program-program pemerintah, untuk wujudkan pertanian yang tangguh dan berkelanjutan di daerah itu.

"Secara bertahap kita lakukan pengkajian dengan melakukan pemetaan potensi wilayah diseluruh Kabupaten Agam, salah satunya dengan membentuk kawasan hortikultura baru", kata Isman Imran.

baca juga: Ketua MPR: Jangan Kaitkan Pakaian Pelaku Teror dengan Agama, Negara Jangan Kalah dengan Terorisme

Penulis: Rezka Delpiera