Janji Tingkatkan Pengawasan Daging Olahan, Dinas Perdagangan Jelaskan Hal Ini Terkait Pengakuan Pemasok Daging Sate KMSB

()

PADANG , KLIKPOSITIF -- Kepala Dinas Perdagangan Kota Padang , Endrizal, mengatakan, pihaknya akan melakukan pengawasan terhadap daging olahan agar kasus penemuan daging sate diduga berbahan babi di Simpang Haru tidak terulang lagi.

"Pengawasan ekstra akan kami lakukan agar kasus serupa tak berulang, berupa tindakan persuasif," ujarnya pada KLIKPOSITIF , saat ditemui klikpositif di Polresta Padang , Rabu 30 Januari 2019.

baca juga: MUI Teken MoU Pembangunan Rumah Sakit dengan Wali Kota Hebron

Ia menambahkan, sesuai dengan informasi dari Kustigani pemasok daging tersebut, yang saat ini masih diperiksa di Polresta Padang kami akan lebih intensif mengawasi pedagang daging yang nakal.

"Yang jelas kami akan melakukan pengawasan terhadap pedagang yang menjual daging mentah maupun daging yang sudah dimasak atau olahan," jelasnya.

baca juga: DPR Setujui Anggaran Penerimaan Operasional Bank Indonesia Sebesar Rp28,417 Triliun

Terkait penjelasan Kustigani, menurutnya sudah sulit dibuktikan.

"Kalau keterangannya memang benar kemarin, tapi kami belum melakukan pengecekan. Kami belum memgetahui pasti atau tidaknya," ujarnya saat ditemui klikpositif di Polresta Padang , Rabu 30 Januari 2019.

baca juga: Epidemiolog: Langkah Pemerintah Antisipasi Masuknya Varian Omicron Tepat

Ia menambahkan, dari pemeriksaan terhadap Kustigani, pemasok tersebut tidak mengetahui lokasi pasti dimana tempat berjualan orang yang membeli daging babi kepadanya.

"Katanya kemarin saat kami tanyakan, dia tidak mengetahui lokasi pasti tempat pedagang yang membeli daging babi darinya, hanya daerahnya saja, sebab para pembeli langsung datang ke rumahnya," lanjutnya.

baca juga: Puan Maharani: Potensi Kekuatan Non-Blok Bisa Wujudkan Kemerdekaan Palestina

"Kalau untuk penindakan, saya yakin kami tidak akan menemukan barang bukti lagi, karena ini sudah buncah (heboh) dari kemarin, makanya kami akan melakukan pengawasan secara persuasif, dan untuk pengakuan tersebut kita serahkan saja pada pihak berwajib," jelasnya. [Halbert Caniago]

Penulis: Eko Fajri