Cina Batasi Akses Lokal Bahas Berita Luar Terkait Panama Papers

Panama Papers telah membocorkan informasi soal pengaturan keuangan para politisi
Panama Papers telah membocorkan informasi soal pengaturan keuangan para politisi (Reuters.com)

KLIKPOSITIF - Pihak berwenang di seluruh dunia tengah melakukan penyelidikan terhadap kehidupan orang kaya dan penguasa setelah kebocoran dokumen dari sebuah firma hukum Panama. Hal itu menunjukkan kemungkinan atas tindakan yang salah menggunakan struktur offshore perusahaan.

Dikutip dari laman Reuters, Panama Papers telah membocorkan informasi soal pengaturan keuangan para politisi, tokoh masyarakat, perusahaan serta lembaga keuangan yang mereka gunakan untuk kegiatan tersebut.

baca juga: Besok, ICIJ Akan Publikasikan Database Raksasa Terkait Panama Papers

Diantara data yang dirilis, terdapat sejumlah nama dari teman Presiden Rusia Vladimir Putin dan kerabat dari para pemimpin dunia seperti Cina, Inggris, Islandia dan Pakistan serta Presiden Ukrania.

Tokoh-tokoh dan lembaga keuangan menanggapi kebocoran besar-besaran dokumen berjumlah lebih dari 11,5 juta dokumen dengan penolakan dari tindakan yang salah seperti jaksa dan penegak hukum yang dilaporkan oleh International Consortiom of Investigative Journalist (ICIJ) Amerika.

baca juga: Bank Kanada Serahkan Nama-nama Klien Terkait Panama Papers Kepada Pemerintah

Menyusul laporan itu, Cina membatasi akses lokal untuk membahas pemberitaan luar negeri seperti Perancis, Australia, Selandia Baru, Austria, Swedia, Amerika Serikat dan Belanda. Negara-negara itu memulai penyelidikan terkait kebocoran dokumen itu.

Mossa Fonseca merupakan firma hukum Panama yang membocorkan dokumen itu. Perusahaan itu telah mendirikan 240.000 perusahan offshore untuk klien di seluruh dunia dan menyangkal bahwa tindakan yang dilakukan itu bukanlah tindakan yang salah.
Mereka menyangkal hal yang terjadi sekarang merupakan korban dari kampanye melawan privasi. Pihaknya mengklaim bahwa laporan media bersifat bisnis.

baca juga: Panama Papers Ungkap Pemilik Lukisan Rp327 Miliar

[Khadijah]

Penulis: Fitria Marlina