Tekan Angka Pengangguran, Ini yang Dilakukan Pemkab Limapuluh Kota

Ilustrasi
Ilustrasi (Net)

LIMAPULUH KOTA , KLIKPOSITIF -- Tingginya angka pencari kerja di Kabupaten Limapuluh Kota -Sumbar membuat Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja  Limapuluh Kota menyiasatinya dengan melakukan penandatanganan MoU atau kerjasama dengan lima Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja (BBPLK) yang terdapat di beberapa daerah di Indonesia.

Diantara BBPLK yang sudah melakukan MoU dengan Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja Kabupaten Limapuluh Kota itu adalah BBPLK Medan (jurusan pariwisata dan teknik bangunan), BBPLK Serang Banten (jurusan listrik dan las), BBPLK  Bandung (jurusan otomotif motor dan mobil, serta manufaktur), BBPLK Bekasi (elektonika, komputer, dan akuntansi).

baca juga: Segmen Sianok Cukup Aktif, BMKG Ingatkan Potensi Gempa Kuat di Sumbar

"Bagi pencari kerja di Limapuluh Kota yang mendaftar dan terpilih untuk ikut pelatihan di BBPLK tersebut nantinya akan mendapat pelatihan selama dua sampai tiga bulan. Untuk pelatihan ini tidak ditanggung biaya karena seluruh biaya ditanggung oleh Kementerian Tenaga Kerja," kata Kabid Ketenagakerjaan Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja Kabupaten Limapuluh Kota , Afrizal, Rabu 6 Februari 2019.

Untuk data pencari kerja di Limapuluh Kota sendiri memang masih cukup besar. Berdasarkan data 2018 terdapat sekitar 8.000-an pencari kerja di daerah tersebut.

baca juga: New Normal, Bagaimana Kondisi Perbatasan Sumbar-Riau di Limapuluh Kota?

Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja Kabupaten Limapuluh Kota , selain sudah melakukan MoU dengan lima BBPLK di lima daerah di Indonesia tersebut, mereka juga memiliki target untuk mengirimkan sebanyak 250 tenaga kerja ke luar negeri pada 2019 ini.

"Ada 200 tenaga kerja yang kami targetkan akan dikirim ke Malaysia pada tahun ini dan sebanyak 50 tenaga magang ke Jepang. Kami juga sudah MoU dengan perusahan di kedua negara tersebut," kata Afrizal.

baca juga: Bupati Lima Puluh Kota Canangkan Era Kenormalan Baru di Lima Puluh Kota.

Selain program tersebut, Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja Kabupaten Limapuluh Kota juga sudah menjalin kerja sama dengan salah satu perusahaan di Batam.

"Jadi terdapat cukup banyak program pengentasan pengangguran yang kita miliki. Sekarang tinggal kemauan masyarakat untuk datang ke kantor Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja Kabupaten Limapuluh Kota dengan membawa KTP, KK, dan juga ijazah terakhir," pungkasnya.

baca juga: Kodim 0306/50 Kota Renovasi 10 Rumah Veteran dan Warga Miskin di Suliki

[Taufik Hidayat Kampai]

Penulis: Iwan R