Kubu Prabowo Diduga Libatkan Konsultan Asing, Menkopolhukam : Sah-sah Saja

Menteri Koordinator Bidang Politik dan Keamanan atau Menkopolhukam, Jenderal Purnawirawan Wiranto
Menteri Koordinator Bidang Politik dan Keamanan atau Menkopolhukam, Jenderal Purnawirawan Wiranto (KLIKPOSITIF/Joni Abdul Kasir)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Menteri Koordinator Bidang Politik dan Keamanan atau Menkopolhukam, Jenderal Purnawirawan Wiranto menggapai dugaan pasangan nomor urut 02 (Prabowo-Sandi) menggunakan jasa konsultan asing untuk Pilpres 2019.

"Asal sah, sesuai undang-undang dan selama tidak melanggar hukum sah-sah saja," ujarnya usai membuka Forum Koordinasi dan Sinkronisasi Wawasan Kebangsaan di Hotel Pangeran Beach Padang-Sumbar, Rabu 6 Februari 2019.

baca juga: Minta Contoh SBY dan Wiranto, Gatot Nurmantyo: Mantan Prajurit TNI yang Ingin Masuk Politik Landasi dengan Etika dan Kehormatan Prajurit

Kemudian, lanjutnya, selama memberikan saran yang positif dan tidak melanggar hukum, tidak ada permasalahan. Namun jika lari dari situ atau melanggar hukum, konsultan dari manapun akan ditangkap.

"Konsultan dari dalam negeri pun jika memberikan sarannya melanggar hukum akan kita tangkap.Jangan terjebak kepada orangnya, namun lebih kepada materi yang apa diberikannya kepada pasangan calon ini," ujarnya.

baca juga: Prabowo dan Sandiga Jadi Menteri, Pengamat Nilai Ini Dampak Politiknya Bagi Sumbar

Dijelaskan Wiranto , materi yang diberikan konsultan dalam pemilu juga perlu diwaspadai sehingga jangan sampai saran dan cara itu bertentangan serta melanggar hukum.

"Kalau cara-cara yang melanggar hukum diberikan konsultan, itu yang harus kita cegah dan jangan sampai terjadi," tukasnya.

baca juga: Prabowo-Sandi Masuk Jajaran Menteri, Warganet Samakan dengan Kisah Ini

Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo-Ma'ruf Amin kembali memberi tudingan kubu Prabowo Subianto-Sandiaga Uno soal konsultan asing. Pihak pasangan nomor urut 01 menuding Prabowo-Sandiaga menggunakan jasa konsultan yang berhasil memenangkan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump.

Bukan hanya itu, TKN menuding Prabowo-Sandiaga juga menggunakan konsultan dari Rusia untuk membantu pemenangan pada Pilpres 2019. Menjawab tudingan itu kubu Prabowo-Sandiaga sudah membantah pihaknya menggunakan konsultan asing dalam pemenangan pemilu ini.

baca juga: Kecam Insiden Penyerangan, Wagub Sumbar Doakan Wiranto Cepat Pulih

Koordinator Juru Bicara BPN Prabowo-Sandiaga, Dahnil Anzar Simanjuntak, berkelakar kampanye yang dilakukan pihaknya bukan ala Rusia, melainkan ala lokal Bojongkoneng, yang merupakan nama tempat tinggal Prabowo di Bogor, Jawa Barat.

[Joni Abdul Kasir]

Penulis: Iwan R