16 Pencaker Asal Payakumbuh Dilatih di BBPLK Semarang

Wawako Payakumbuh, Erwin Yunaz saat melepas 16 pencaker yang akan magang ke BBPLK Semarang
Wawako Payakumbuh, Erwin Yunaz saat melepas 16 pencaker yang akan magang ke BBPLK Semarang (Istimewa)

PAYAKUMBUH , KLIKPOSITIF –- Sebanyak 16 pencari kerja di Kota Payakumbuh mendapat kesempatan untuk magang ke Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja (BBPLK) Semarang. Ke-16 peserta magang ini akan mendapat pelatihan akuntasi dan costumer service.

Untuk pelatihan akuntansi yang diikuti oleh sembilan akan mendapat pelatihan selama 1,5 bulan. Sedangkan untuk costumer service akan dilatih selama dua bulan. Seluruh biaya peserta magang ini ditanggung oleh Kementerian tenaga Kerja. Baik itu uang saku, akomodasi hingga makan peserta magang.

baca juga: Pemko Payakumbuh Gunakan Teknologi untuk Mengolah Limbah IPLT Jadi Pupuk Organik

“Setelah magang, peserta akan dicarikan pekerjaan di perusahaan-perusahaan swasta di Sumatera Barat,” kata Kabid Tenaga Kerja Dinas Perindustrian dan tenaga Kerja (Disperkerin) Kota Payakumbuh , Dewi Novita, Rabu 6 Februari 2019.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Payakumbuh , Erwin Yunaz yang secara resmi melepas para peserta magang ini berpesan agar seluruh peserta bisa memaksimalkan setiap ilmu yang didapat untuk nantinya saat bekerja di perusahaan. Menurutnya, yang paling penting pemuda dan pemudi Kota Payakumbuh harus mampu mengharumkan nama kota Payakumbuh di mata orang luar dengan skill dan keterampilan yang matang.

baca juga: Ingin Bersepeda di Payakumbuh dan Lima Puluh Kota, Inilah Spot Menarik Yang Wajib Dikunjungi

“Maksimalkan  apa yang telah diperoleh di sana nanti. Tolong jaga kefokusan dalam belajar. Tenaga yang professional itu yang sangat dicari oleh perusahaan nantinya,” katanya.

Menurut Erwin, dalam bekerja di sebuah perusahaan, akan terjadi seleksi alam. Siapa yang bisa bekerja lebih efektif akan dipertahankan. Apalagi dengan masuknya tenaga kerja asing akan membuat persaingan dalam bidang tenaga kerja semakin ketat.

baca juga: Jaga Keindahan Kawasan Batang Agam, Satpol PP Payakumbuh Tertibkan 35 Lapak PKL

'“Ini merupakan kesempatan untuk menunjukkan kemampuan peserta magang. Karena tidak semua orang mendapatkan kesempatan tersebut dan pandai-pandai di rantau orang," ulasnya.

[Taufik Hidayat Kampai]

baca juga: Anti Mainstream, Modifikasi Sepeda Minion Berikan Kepuasan Tersendiri

Penulis: Iwan R