Anggota DPRD Tanah Datar Minta Lembaga Unsur Nagari Jadi Solusi Persoalan

Camat Sungai Tarab Riswandi saat memimpin tanya jawab dalam acara Musrenbang Nagari Pasie Laweh
Camat Sungai Tarab Riswandi saat memimpin tanya jawab dalam acara Musrenbang Nagari Pasie Laweh (Irfan Taufik)

TANAH DATAR , KLIKPOSITIF -- Anggota DPRD Tanah Datar Yalpema Jurin mengingatkan pemerintahan nagari dalam merencanakan program pembangunan nagari hendaknya berdasarkan kebutuhan masyarakat bukan kemauan pemerintahan nagari.

"Rencana program pembangunan harus berdasarkan kebutuhan masyarakat dan DPRD akan memperjuangkannya sepanjang masuk dalam Musrenbang nagari," kata Yalpema saat acara Musrenbang Nagari Pasie Laweh, Kecamatan Sungai Tarab, Senin 11 Februari 2019.

baca juga: Satu Rumah di Tabek Patah Tanah Datar Terbakar, Tiga Mobil Damkar Diturunkan

Ia menjelaskan anggota dewan dapat melaksanakan kegiatan pembangunan di nagari melalui program pokok pikiran (pokir) dewan berdasarkan kunjungan atau reses ke daerah pemilihannya.

Sementara, Anggota DPRD Dedi Admond menyampaikan lembaga unsur yang ada di nagari hendaknya dapat mencarikan solusi terhadap persoalan dalam nagari berhubungan dengan infrastruktur, peningkatan ekonomi, agama, sosial adat dan budaya.

baca juga: Kasus Positif COVID-19 di Puskesmas Limo Kaum I, Masyarakat yang Pernah Berkunjung Diminta Test Swab

Dikatakan Dedi, dari penyampaian pemerintahan nagari selama ini masih banyak nagari yang memiliki Silpa (sisa lebih penggunaan anggaran) nagari cukup besar, dan diharapkan hal ini dapat disikapi dengan bijaksana sehingga tidak lagi terjadi lagi.

Sementara itu, Wali Nagari Mukhtar Kiman menyampaikan beberapa rencana program pembangunan nagari berupa pembangunan draenase dan rabat beton, pembukaan dan pengaspalan jalan nagari, peningkatan sumberdaya masyarakat nagari.

baca juga: Kapan SMA di Payakumbuh, Lima Puluh Kota, dan Tanah Datar Kembali Dibuka, Ini Jawaban Kacabdin Wilayah 4 Sumbar

"Pemerintahan nagari sudah mengakomodir dan mendata kebutuhan masyarakat untuk menjadi program pembangunan prioritas yang ingin dicapai dan dilaksanakan demi tercapai kesejahteraan masyarakat," kata Mukhtar.

Staf Ahli Bupati Tanah Datar , Zulkifi SR mengharapkan Musrenbang Nagari dapat mempertimbangkan segala aspek serta prioritas kebutuhan dalam pelaksanaan pembangunan sehingga program pembangunan memang dirasakan manfaatnya bagi masyarakat.

baca juga: 9 Warga Tanah Datar Terkonfirmasi Positif COVID-19, 8 Diantaranya Tenaga Kesehatan

"Pemerintahan nagari hendaknya dapat merangkul seluruh unsur masyarakat dalam merumuskan segala kebutuhan sehingga masyarakat bisa berperan aktif dalam pembangunan dan tidak timbul gejolak dalam nagari," katanya.

[Irfan Taufik]

Penulis: Iwan R