Miliki 6 Kantor Baru, Pemkab Agam Komitmen Berikan Pelayanan Prima Bagi Masyarakat

Bupati Agam meresmikan kantor baru pemerintahan
Bupati Agam meresmikan kantor baru pemerintahan (AMC)

AGAM , KLIKPOSITIF -- Bupati Agam , Dr. Indra Catri Dt Malako Nan Putiah, resmikan enam unit gedung pemerintahan. Peresmian ditandai dengan penandatanganan prasasti, di halaman Kantor Camat Tilatang Kamang, Senin (11/2).

Keenam gedung itu Kantor Dinas Dalduk KBPP dan PA, Kantor Camat Tilatang Kamang, Kantor Camat Kamang Magek, Kantor Camat Matur, Puskesmas Magek, Puskesmas Palembayan. Pembangunan dengan total anggaran keseluruhan capai Rp16,6 miliar lebih.

baca juga: Akses Kelok 44 Ditutup, Sopir Bus Mengaku Merugi

Kegiatan ini dihadiri Sekdakab Agam , Martias Wanto Dt Maruhun, Kepala OPD, anggota DPRD Agam , tokoh masyarakat, ninik mamak, bundo kanduang dan tamu undangan lainnya.

Bupati ucapkan terimakasih atas terselenggaranya kegiatan ini. Dikatakan, sejak tahun anggaran 2015 Pemerintah Kabupaten Agam makin concern untuk membenahi sarana dan prasarana publik.

baca juga: Akses Kelok 44 Ditutup Total Mulai Hari Ini, Pengendara Harus Lewati Jalan Lain

Secara langsung ataupun tidak langsung bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan bagi masyarakat daerah itu.

Bupati menyebutkan, setidaknya ada tiga alasan mendasar untuk membangun sarana dan prasarana publik ini. Pertama memudahkan urusan masyarakat

baca juga: Ber KTP Bengkulu, Satu Keluarga Dinyatakan Positif COVID-19 dan Dirawat di RSAM Bukittinggi

"Apabila kantor sudah bagus dan miliki peralatan lengkap, pegawai senang melayani masyarakat, sehingga urusan jadi lebih cepat diselesaikan," ujarnya.

Kedua mengangkat Marwah pegawai, masyarakat dan nagari. Dengan artian, suasana hati pegawai jadi nyaman dan tidak malu dalam melayani tamu, sehingga warga juga senang untuk berurusan.

baca juga: Perputaran Uang untuk Hewan Kurban di Agam Rp103 Miliar

Ketiga mendorong pertumbuhan wilayah dan pertumbuhan ekonomi. Jika kantor bagus dan pelayanan baik, orang akan suka berkunjung, bahkan bakal jadi contoh dan perbandingan untuk bangunan sekitarnya.

"Dengan demikian, kita harapkan masyarakat menjaga sarana dan prasarana yang telah dibangun ini, agar dapat bertahan dalam jangka waktu panjang," ujarnya berharap.

Sekda Agam , Martias Wanto Dt Maruhun selaku panitia pelaksana mengatakan, secara berkesinambungan Pemkab Agam terus lakukan pembangunan. 2010 hingga 2015 anggaran diarahkan untuk membangun infrastruktur seperti jalan, jembatan dan rehab rekon.

Sedangkan di periode kedua Bupati Agam , Dr. Indra Catri Dt Malako Nan Putiah sesuai visi dan misinya secara bertahap ditingkatkan pembenahan fasilitas pelayanan.

"Pembangunan yang dilakukan seperti gedung OPD, Puskesmas, kecamatan, pustu dan sarana rumah ibadah," ujarnya.

Sekda menargetkan, hingga tahun 2021 seluruh kantor camat dan puskesmas telah miliki gedung baru, sehingga pelayanan pada masyarakat juga jadi lebih baik.

Penulis: Rezka Delpiera