Usai Hadir di Acara Muslimat NU, Ridwan Kamil Dilaporkan ke Bawaslu Karena Hal Ini

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil
Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil (net)

KLIKPOSITIF -- Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil akan dilaporkan ke Badan Pengawas Pemilu ( Bawaslu ) karena diduga melakukan pelanggaran kampanye saat menghadiri acara Muslimat Nahdlatul Ulama di Garut, Sabtu (9/2) lalu. Pria yang akrab disapa Kang Emil ini diduga telah mengkampanyekan paslon 01 Joko Widodo-Maruf Amin.

Ridwan Kamil dilaporkan ke Bawaslu oleh Tim Advokat Indonesia Bergerak (TAIB) yang dikoordinasi oleh kuasa hukumnya yakni Muhajir. Rencananya, mereka akan melaporkan Ridwan Kamil ke Bawaslu pada Selasa (12/2) ini pukul 13.00 WIB.

baca juga: DPR Nilai Perlu Pembentukan Lembaga Peradilan Pemilu

"Dia ( Ridwan Kamil ) hadir pada tanggal 9 Februari di Garut di acara ulang tahun NU, pada dasarnya kan dia mengajak, mengarahkan bahwa masyarakat yang hadir disitu khususnya pada saat ultah NU itu diarahkan untuk memilih dan mencoblos 01," kata Muhajir dilansir dari Suara.com, jaringan KLIKPOSITIF , Selasa (12/2) siang.

Pihaknya mempertanyakan posisi mantan Wali Kota Bandung itu di acara tersebut, apakah Ridwan Kamil bertindak sebagai Gubernur atau juru kampanye, karena di acara tersebut terdapat deklarasi dukungan terhadap paslon 01.

baca juga: Ternyata Chemistry Paslon Termasuk Menentukan Kemenangan di Pilkada

"Kalau sebagai jurkam, apakah acara tersebut masuk dalam masa kampanye atau di luar kampanye," jelasnya.

Dalam laporannya, pihaknya menilai Ridwan Kamil telah melakukan pelanggaran Pemilu , diantaranya Peraturan KPU No.5 tahun 2018 tentang Tahapan, Program dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilu tahun 2019 serta Pasal 276 ayat (2) jo Pasal 492 Undang-Undang No.7 Tahun 2017 Tentang Pemilu .

baca juga: Wahyu Setiawan Janji Bongkar Kecurangan Pemilu, KPK Akan Analisa

Pihaknya juga sudah mempersiapkan barang bukti berupa rekaman dan tangkapan gambar beberapa pemberitaan di media massa.

Untuk diketahui, pada Sabtu 9 Februari 2019 kemarin, Ridwan Kamil menghadiri acara peringatan Harlah NU dan Muslimat NU di Lapangan Merdeka Kerkop, Garut. Pada acara tersebut juga terdapat deklarasi dukungan terhadap paslon 01 Joko Widodo - Ma'ruf Amin yang diinisiasi oleh Relawan Jokowi Garut (Jogar). (*)

baca juga: Dituding Tidak Profesional, Ini Kata KPU dan Bawaslu Solsel

Penulis: Agusmanto