Cari Atlet Potensial, Kemenpora Gelar TPB di Padangpanjang

Ratusan pelajar Padangpanjang mengikuti TPB yang diselenggarakan Kemenpora
Ratusan pelajar Padangpanjang mengikuti TPB yang diselenggarakan Kemenpora (Ist)

PADANGPANJANG , KLIKPOSITIF --Kementerian Pemuda dan Olahraga ( Kemenpora ) gelar Tes Pemanduan Bakat (TPB) bagi pelajar tingkat SLTP se- Padangpanjang , Kamis 13 Februari 2019, di Gor Khatib Sulaiman Bancah Laweh.

Instruktur Pusat Pemanduan Bakat Kemenpora RI, Islahuzzaman, mengatakan, diselenggarakannya TPB guna mendeteksi bakat generasi muda untuk dapat dikembangkan.  Jika bakat dan potensi tersebut tidak terpantau, maka daerah akan  rugi dan kehilangan kesempatan untuk menciptakan prestasi.  

baca juga: PSSI Siap Berbagi Tugas dengan Kemenpora Sukseskan Piala Dunia U-20 2021

"Pada hakikinya, anak-anak itu terlahir sudah memiliki bakat. Namun memiliki potensi atau tidaknya itu yang akan kita lihat disini,” ujarnya.

Setelah potensi bakat itu diketahui, katanya seterusnya akan diserahkan kepada pemerintah untuk dapat ditindaklanjuti. 

baca juga: Menpora: Ada Tidaknya Penonton di Piala Dunia U-20 Tergantung FIFA

“Kita inginkan nantinya dinas terkait akan membina anak-anak tersebut agar tidak menyia-nyiakan bakat yang mereka miliki,” ujarnya.

Dikatakannya, sebanyak 25 kabupaten dan kota se-Indonesia yang akan melakukan pemanduan tes bakat olahraga di tahun 2019. Pada 13-16 Februari 2019 dilaksanakan dibeberapa daerah bersamaan yakninya Banten, Bengkulu dan Padangpanjang .

baca juga: PSSI Ingin Gunakan Lapangan ABC GBK, Ini Kata Sesmenpora

Sementara itu Wakil Walikota Padangpanjang Asrul mengapresiasi atas terselenggaranya kegiatan yang diikuti sebanyak 400 pelajar.

“Kita berharap TPB mampu  menemukan anak-anak yang berbakat dalam bidang olahraga,”ujar Asrul, seraya mengatakan kegiatan ini tentunya harus tetap berlanjut.

baca juga: Pemerintah Akan Terbitkan Protokol Kesehatan bagi Atlet

Sementara itu, Pemerintah Padangpanjang akan terus berupaya mengambang potensi dan bakat yang ada. Pasalnya, tidak semua kabupaten dan kota mendapatkan kesempatan TPB dari Kementerian RI. 

“Alhamdulillah, untuk tahun ini Padangpanjang mendapat kesempatan ini,” katanya.

Dikatakannya, ada 10 komponen dalam tes pemanduan bakat yang dilakukan terhadap pelajar tersebut. Yakni tinggi badan, tinggi duduk, berat badan, rentang kedua lengan, lempar-tangkap bola tenis, lempar bola basket, loncat tegak, lari kelincahan, lari cepat 40 meter, dan lari multi tahap. (Rj)

Penulis: Rezka Delpiera