Tujuh Iven Nasional di Sumbar Serap Anggaran Besar, Wagub: OPD harus Siap

Wagub Sumbar, Nasrul Abit
Wagub Sumbar, Nasrul Abit (istimewa)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Pada tahun 2020 mendatang tujuh iven nasional akan dilaksanakan di Sumbar . Menyikapi anggaran yang terbatas, Wakil Gubernur Sumbar , Nasrul Abit meminta masing-masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait dapat mempersiapkan anggarannya mulai dari sekarang.

“Tahun 2020, kita sangat berat pembebanan anggarannya. Untuk bisa menyukseskan tujuh iven besar seperti Penas Tani, Harganas, PON, TdS, Porprov, Pilkada dan MTQ, maka perlu persiapannya dengan matang, khusunsya terkait anggaran yang diperlukan,” sebutnya, Selasa 19 Februari 2019.

baca juga: Stok Darah Semakin Berkurang, PMI Padang Imbau Masyarakat Tidak Takut Donor

Dia mengatakan, kegiatan-kegiatan tersebut menyerap anggaran sangat besar. Untuk itu, dia meminta dalam penyusunan APBD 2020 dapat juga dirincikan agar nanti tidak ada lagi penambahan anggaran di tengah jalan, karena tidak dipersiapkan secara matang.

“MTQ misalnya, sarana prasarana yang belum selesai perlu dipersiapkan. Begitu juga dengan Penas Tani yang dilaksanakan Juni 2020, untuk kegiatan yang bekerjasama dengan Pemko Padang itu juga memerlukan kesiapan,” jelasnya.

baca juga: Dalam Masa Pandemi, 10 Ribu Orang Akan Berkumpul Saat HUT Kota Padang

Dia meminta, dinas terkait untuk melakukan evaluasi anggaran di tahun 2019, bagaimana untuk di anggaran perubahan beberapa kegiatan mulai dianggarkan. Jika tidak menyalahi anggaran, tentunya bisa dimulai sebelum tahun 2020.

“Saya mengharapkan para asisten di lingkungan Pemprov Sumbar dapat menjadi koordinator. Selaraskan dengan bidangnya masing-masing dalam menyesuaikan iven yang dilaksanakan. Ini bertujuan agar OPD terkait tidak ada masalah dalam penganggarannya nanti,” ungkapnya.

baca juga: DPRD Pasbar Pertanyakan Penyusutan Area TPA yang Tinggal 2 Hektare

Dia juga mengharapkan dalam penyusunan anggaran dalam pelaksanaan iven-iven Nasional yang dilaksanakan di Sumbar tersebut benar-benar teliti, sehingga tidak ada persoalan dengan penganggaran yang dilakukan.

“Dengan anggaran terbatas, dari sekarang semua segera menyusun anggaran sesuai dengan kebutuhan yang ril jangan sampai tercecer. Sebab bila ada yang tercecer tentunya kita tidak bisa melaksanakan iven-iven itu,” tutupnya.

baca juga: Bantu Atasi Krisis Darah, Dinas Perdagangan Adakan Kegiatan Donor Darah

[Joni Abdul Kasir]

Penulis: Agusmanto