Jadi Korban Gempa Palu, Warga Sawahlunto Ini Terima Bantuan dari Pemko

Pemko Sawahlunto Serahkan Bantuan ke Warga Asal Sawahlunto Korban Gempa Palu.
Pemko Sawahlunto Serahkan Bantuan ke Warga Asal Sawahlunto Korban Gempa Palu. (istimewa)

SAWAHLUNTO , KLIKPOSITIF -- Kepala Dinas Sosial, Pemberdayaan Masyarakat Desa dan Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak (Dinsos PMD-PPA) Kota Sawahlunto , Dedi Syahendry menyerahkan bantuan kepada korban gempa Palu, Sulawesi Tengah asal Sawahlunto .

Bantuan yang diserahkan tersebut berasal dari masyarakat yang digalang oleh tim Taruna Siaga Bencana (Tagana) bersama Dinas Sosial, Pemberdayaan Masyarakat Desa, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Dinsos - PMD PPA) Kota Sawahlunto .

baca juga: 946 Pelaku Usaha Mikro di Sawahlunto Terima Modal Usaha Bantuan Presiden

"Kami serahkan uang transportasi sebesar Rp15 juta kepada Ilyas Noor dan istri untuk bisa kembali ke Palu. Sedikit banyak menolong pula untuk biaya kehidupan sesampainya mereka di Palu kembali," katanya di Balaikota Sawahlunto .

Dedy juga menyebutkan bahwa sebelum bantuan kepada Ilyas Noor ini, Pemko Sawahlunto juga telah mengirimkan bantuan ke Kabupaten Sigi. "Pada 11 Februari 2019 lalu, uang bantuan dari masyarakat sudah kami kirimkan ke Pemerintah Kabupaten Sigi sebesar Rp80 juta," tuturnya.

baca juga: Mantan Wali Kota Sawahlunto Ali Yusuf Meninggal Dunia

Diketahui, Ilyas Noor (83) merupakan warga asal Sawahlunto . Ia sudah berdomisili di Palu sejak 30 tahun lalu. Dikatakannya, saat ini kondisi rumahnya rusak berat akibat dilanda bencana tsunami. Sehingga, kemudian dirinya beserta istri kembali ke Sawahlunto untuk mengungsi sementara.

Namun, tambah Ilyas, dirinya harus kembali lagi ke Palu. Sebab, anak cucunya sudah menetap di sana. Bahkan, ada anaknya yang sudah menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN) yang ditugaskan di Palu.

baca juga: Kunjungi Sawahlunto, Dubes India Diangkat Jadi Brand Ambassador Songket Silungkang

"Jadi kami harus kembali ke Palu agar rumah kami yang rusak berat dapat diperbaiki oleh Pemerintah Daerah setempat, syaratnya kami harus kembali berada di sana kembali," tuturnya.

Ilyas dan istrinya tidak lupa mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kota Sawahlunto dan segenap masyarakat yang telah meringankan bebannya.

baca juga: Pemerintah Telah Turunkan Dana Rp 68,2 Triliun untuk Puluhan Juta Rakyat Miskin

[Muhammad Haikal]

Penulis: Agusmanto