Masih Banyak yang Bandel, Bawaslu Pessel Kembali Tertibkan Ribuan APK Caleg

Tim gabungan tertibkan APK
Tim gabungan tertibkan APK (Kiki Julnasri/Klikpositif)

PESSEL , KLIKPOSITIF -- Bawaslu Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat kembali melakukan penertiban alat peraga (AP) dan alat peraga kampanye (APK) milik sejumlah peserta Pemilu, Rabu 20 Februari 2019.

Pengamatan KLIKPOSITIF , penertiban AP dan APK peserta pemilu ini, dilaksanakan oleh seluruh Panwascam dengan didampingi Pol PP-Damkar, Polisi dan TNI. Penertiban ini digelar merata, sejak pagi hingga sore.

baca juga: Usai Divaksin, Tiga Siswa di Pessel Dibawa ke Puskesmas dan Satu Siswa Dilarikan ke Rumah Sakit

Ketua Bawaslu Pesisir Selatan, Erman Wadison menyebutkan, setidaknya ada ribuan AP dan APK peserta pemilu yang melanggar. Penertiban sesuai ketentuan yang berlaku dalam Undang-undang nomor 7 tahun 2017 tentang Pemilu, terhadap penegakan aturan pemilu.

"Sebelum ditertibkan, sudah kami beritahu kepada partai peserta Pemilu. Tetapi, karena masih banyak yang bandel, maka kita lakukan penertiban lagi hari ini," sebut Erman Wadison pada KLIKPOSITIF .

baca juga: Pulang dari Ladang, Petani di Pessel Diserang Beruang Madu

Ia menjelaskan, salah satu sasaran Bawaslu saat itu, diantaranya mencopot seluruh AP dan APK yang berada di tempat telarang. Seperti di tiang listrik, pepohonan, jembatan, tempat ibadah dan pendidikan atau fasilitas umum milik pemerintah serta pemasangan di luar zona.

"Semua APK di luar ketentuan kami tertibkan. Baik APK ukuran kecil sampai APK besar, rata seluruhnya sesuai aturan yang berlaku," jelasnya.

baca juga: Dukung Percepatan Vaksin Nasional, Bupati Pessel Gencarkan Sosialisasi

Menurutnya, setelah penertiban ini, pihaknya mengimbau setiap peserta Pemilu dan Caleg tidak lagi memasang AP dan APK diluar ketentuan. Sebab, jika masih melanggar maka setiap peserta Pemilu akan diberi sanksi tegas.

"Tidak ada tebang pilih, semua sama. Jika melanggar akan kita tertibkan. Kalau ada yang kucing-kucingan lihat aja nanti sanksinya," tutupnya.

baca juga: BIN Sasar Perkampungan Nelayan Untuk Vaksinasi Masyarakat di Pesisir Selatan

(Kiki Julnasri)

Penulis: Rezka Delpiera