Dua Unit Rumah Warga Terancam Ambruk di Tapan Pessel

Kondisi jembatan gantung yang runtuh di Nagari Kampung Tengah Tapan, Kecamatan Ranah Ampek Hulu (Rahul) Tapan, Jumat Sore
Kondisi jembatan gantung yang runtuh di Nagari Kampung Tengah Tapan, Kecamatan Ranah Ampek Hulu (Rahul) Tapan, Jumat Sore (Ist)

PESSEL , KLIKPOSITIF - Dua unit rumah warga di Nagari Kampung Tengah, Kecamatan Ranah Ampek Hulu (Rahul) Tapan, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat terancam ambruk. Pasalnya, dua unit rumah tersebut terletak tidak jauh di sisi jembatan.

Wali Nagari Kampung Tengah Tapan, Safi'i mengatakan, dua unit rumah tersebut saat ini terpaksa ditinggalkan pemiliknya, karena khawatir gerusan air terus meluas dan membuat bangunan rumah itu ambruk sewaktu-waktu.

baca juga: Seorang Guru Kontak Erat dengan Pasien Positif COVID-19, Aktivitas di SMKN 1 Sutera Ditutup

"Karena jarak rumah dari sungai hanya tinggal 1 meter maka pemilikinya diungsikan ke rumah sanak famili," katanya saat dihubungi KLIKPOSITIF , Jumat malam (22/2).

Ia menjelaskan, selain dipicu hujan deras, kondisi hilir sungai di daerah ini sudah lama tidak terkendali. Sebab, badan sungai sudah lama mengecil, hingga sebentar saja hujan, memicu terjadi luapan sungai. "Akibat belum dinormalisasi, hingganya tidak kuat menerima debit air yang begitu besar dari hulu. Jadi untuk mengatasinya, harus ada normalisasi," terangnya.

baca juga: 24 Orang di Pessel Kontak dengan Pasien Kluster Bank Nagari Padang, Salah Satunya Guru

Sebelumnya, satu unit jembatan gantung alternatif di nagari putus, akibat hujan deras Jumat 22 Februari 2019. Selain jembatan putus, permukiman rumah penduduk juga terancam akibat gerusan luapan sungai di nagari ini.

[Kiki Julnasri]

baca juga: Dinilai Merusak, Galian C di Kampung Lubuk Buayo Pessel Dilaporkan Masyarakat

Penulis: Fitria Marlina