Masyarakat Mentawai dan Solsel akan Nikmati BBM Satu Harga

ilustrasi BBM Satu Harga
ilustrasi BBM Satu Harga (net)

MENTAWAI, KLIKPOSITIF -- Masyarakat Kabupaten Solok Selatan dan Kepulauan Mentawai bakal menikmati Bahan Bakar Minyak ( BBM ) satu harga. 

Stasiun Pengisian Bahan Bakar ( SPBU ) Kompak  disiapkan pada empat titik di empat kecamatan berbeda pun untuk dioperasikan.

baca juga: Terkait Biaya Pesangon yang di PHK, Wilmar Group di Solsel Buka Peluang Untuk Berunding dengan Buruh

Di Mentawai, masing-masing terletak di Desa Sikabaluan, Kecamatan Siberut Utara, dan Jalan Raya Sioban Desa Sioban, Kecamatan Sipora Selatan.

Sedangkan di Solok Selatan, terletak di Jalan Raya Sungai Kunyit, Kecamatan Sangir Balai Janggo, dan Jorong Aur Duri, Kanagarian Abai, Kecamatan Sangir Batang Hari.

baca juga: Ratusan Buruh Wilmar Group Mogok Kerja Menuntut Pesangon Dibayar Sesuai PKB

Direncanakan, ke empat SPBU Kompak tersebut akan diresmikan langsung oleh Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arcandra Tahar pada Senin 24 Februari 2019.

Dalam keterangan tertulisnya, Arcandra Tahar mengatakan, BBM satu harga merupakan program pemerintah yang menyisir daerah Tertinggal, Terdepan, Terluar (3T).

baca juga: Dinilai Terbaik di Sumbar, SMAN 1 Solok Selatan Studi Banding ke Jurusan Bahasa SMAN 3 Payakumbuh

Hal itu sebagai langkah melaksanakan amanat Peraturan Menteri ESDM Nomor 36 Tahun 2016 tentang percepatan pemberlakuan satu harga untuk Jenis BBM Tertentu dan Jenis BBM Khusus Penugasan secara nasional sesuai amanah.

Arcandra berharap, BBM Satu Harga dapat mewujudkan keadilan sosial bagi rakyat Indonesia, serta memberikan multiplier effect terhadap pertumbuhan ekonomi di daerah tersebut.

baca juga: Hari Jadi Solok Selatan Ke-18, Ini Harapan Ketua TP-PKK

"Penghematan pengeluaran BBM diharapkan diikuti dengan penurunan harga sembako sehingga meningkatkan kualitas hidup dan kesejahteraan masyarakat," harapnya.

Selain meresmikan SPBU Kompak, Arcandra Tahar yang besok juga didampingi Komite BPH Migas, Henry Ahmad, juga meresmikan dan membagikan Lampu Tenaga Surya Hemat Energi (LTSHE) kepada masyarakat di Kabupaten Kepulauan Mentawai , yakni untuk masyarakat desa Simatalu, Simalegi, Pasakiat Taileleu, dan Sagulebbeg.

Saat ini progres pekerjaaan pemasangan LTSHE telah terpasang 100 persen dengan total 1.077 unit.

"BPH Migas akan terus mengawal pelaksanaan program BBM Satu Harga sesuai target yang telah ditetapkan oleh Pemerintah yaitu 170 Penyalur BBM Satu Harga sampai tahun 2019," pungkasnya.

[Cecep Jambak]

Penulis: Agusmanto