Target 10 Hari, Proses Pelipatan Surat Suara di Kabupaten Solok Libatkan 300 Warga

Masyarakat menyortir dan melipat surat suara di Gedung Islamic Center Kotobaru
Masyarakat menyortir dan melipat surat suara di Gedung Islamic Center Kotobaru (Istimewa)

SOLOK , KLIKPOSITIF -- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Solok -Sumbar mulai melakukan penyortiran dan pelipatan surat suara yang akan digunakan untuk pemilu serentak pada 17 April 2019 mendatang. 

Mengejar target waktu 10 hari, proses penyortiran dan pelipatan terhadap lima jenis surat suara dilakukan oleh sekitar 300 warga Kabupaten Solok yang memang bermukim di sekitar Kantor KPU Kabupaten Solok . Setiap lembar surat suara dihargai sebesar Rp150.

baca juga: Segarkan Semangat Bermuhammadiyah, PDM Solok Gelar Pengkajian Tingkat Pimpinan

Awalnya, KPU Kabupaten Solok menargetkan masyarakat yang ikut terlibat dalam proses pelipatan surat suara sebanyak 200 orang, namun tingginya animo masyarakat membuat KPU sedikit kewalahan karena banyak yang mendaftar.

"Sekarang ada sekitar 300 orang dari 200 orang yang direncanakan sejak semula," ungkap Ketua KPU Kabupaten Solok Ir. Gadis yang didampingi oleh komisioner KPU lainnya, Senin 25 Februari 2019.

baca juga: Kadis Perdagangan Sumbar Jabat Pjs Wako Solok

Setiap petugas sortir dan pelipat surat suara tidak diperkenankan membawa handphone, membawa anak kecil dan berbagai kriteria lainnya. Setiap petugas lipat juga dibekali pemahaman terkait kriteria surat suara rusak.

KPU Kabupaten Solok menargetkan proses penyortiran dan peliputan surat suara akan selesai dalam waktu 10 hari dan prosesnya telah dimulai sejak 23 Februari lalu.

baca juga: Cuti Pilkada, Wako dan Wawako Solok Serahkan Aset dan Fasilitas

"Kalau tidak selesai akan kita perpanjang, tapi banyaknya masyarakat yang ikut kita yakin bisa selesai tepat waktu," terang Gadis yang turut didampingi komisioner lainnya.

Menghindari adanya kemungkinan terjadinya kekeliruan dan potensi lainnya, petugas lipat diawasi langsung pihak Bawaslu, KPU dan pengamanan dari pihak Polres.

baca juga: Dapat Nomor Urut 3, Desra : Kami Maju Untuk Menang

[Syafriadi]

Penulis: Iwan R