Hadiri Sosialisasi Program KKBPK, Suir Syam Ajak Perempuan Rencanakan Waktu Melahirkan

Anggota Komisi IX DPR RI, Suir Syam, foto bersama dengan pemenang doorprize Sosialisasi Advokasi dan KIE Program KKBPK Bersama Mitra Kerja tahun 2019 di halaman Masjid An-Nur, Belimbing
Anggota Komisi IX DPR RI, Suir Syam, foto bersama dengan pemenang doorprize Sosialisasi Advokasi dan KIE Program KKBPK Bersama Mitra Kerja tahun 2019 di halaman Masjid An-Nur, Belimbing (ist)

PADANG, KLIKPOSITIF - Anggota Komisi IX DPR RI, Suir Syam, berpesan kepada orang tua untuk merencakan waktu melahirkan, agar ke depannya, anak-anak sehat karena bisa diurus secara baik, serta mendapat pendidikan yang layak sehingga bisa sejahtera.

Hal ini disampaikannya saat menghadiri kegiatan Sosialisasi Advokasi dan KIE Program KKBPK Bersama Mitra Kerja tahun 2019 di halaman Masjid An-Nur, Belimbing, Kecamatan Kuranji, Kota Padang, Provinsi Sumbar, Senin, 25 Februari 2019.

baca juga: Wali Kota Riza Falepi Imbau Warga Sukseskan Pendataan Keluarga 2021

Dalam sosialisasi yang ditaja BkkbN itu, turut hadir perwakilan BkkbN Provinsi Sumbar, Widya, dan perwakilan dari Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Kota Padang, serta Lurah kuranji, Martias.

Pada acara sosialisasi yang dihadiri ratusan warga Kuranji dan sejumlah warga di daerah lainnya di Kota Padang itu, juga digelar kegiatan hiburan berupa pertunjukan musik dan kesenian, serta pembagian dooprize berhadiah sepeda gunung dan sejumlah hadiah menarik lainnya.

baca juga: Presiden: BKKBN Pegang Kendali dalam Pencegahan Stunting

Baca: Komisi IX DPR: Sosialisasi Advokasi dan KIE Program KKBPK dapat Kendalikan Jumlah Penduduk

Lebih lanjut, mantan Direktur Rumah Sakit Achmad Mochtar Bukittinggi itu berharap kegiatan sosialisasi advokasi KIE dan program KKBPK yang digelar BkkbN ini, bisa diimplementasikan oleh masyarakat, khususnya perempuan. Sebab, perempuan memegang peranan penting dalam mewujudkan keluarga berkualitas.

baca juga: Mengintip Rahasia "ZIWBK" Perwakilan BKKBN Sumbar 2020

"Ibu adalah sekolah pertama bagi anak. Untuk itu, ibu-ibu juga harus memiliki pemahaman dan pengetahuan yang luas, terutama tentang tujuan dari Keluarga Berencana . kunci keluarga berkualitas itu ada ditangan perempuan,” ungkap mantan Walikota Padang Panjang dua periode itu.

Sementara itu, perwakilan BkkbN Provinsi Sumbar, Widya, mengatakan bahwa kegiatan Sosialisasi Advokasi dan KIE Program KKBPK Bersama Mitra Kerja tahun 2019 ini digelar di 18 kabupaten kota di Sumbar, kaecuali Kabupaten Kepulauan Mentawai.

baca juga: Perkembangan KB di Sumbar Lima Besar Nasional

Kegiatan ini digelar, katanya, bertujuan untuk meningkatkan dukungan stakeholder, mitra kerja dan masyarakat dalam pergerakan program Kependudukan, Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) di Sumbar.

Kemudian untuk meningkatkan komitmen dan keterpaduan mitra kerja dalam melakukan Advokasi dan KIE di Sumbar, serta meningkatkan pengetahuan dan kesadaran masyarakat dalam pembinaan ketahanan keluarga.

"Selain itu, kegiatan ini juga bertujuan untuk meningkatkan intensitas promosi, kuantitas dan kualitas kegiatan GenRe dengan mitra kerja, stakeholder dan masyarakat," pungkasnya.(*)

Penulis: Riki