Siswa SD Payakumbuh Raih Gelar Juara III Lomba Menulis Puisi OSEB Tingkat Nasional

Habibul Ahmad Alfajri  bersama kepala sekolah SD RJ Payakumbuh, Eriyanto
Habibul Ahmad Alfajri bersama kepala sekolah SD RJ Payakumbuh, Eriyanto (Istimewa)

PAYAKUMBUH , KLIKPOSITIF  -- Kemampuannya dalam merangkai kata menjadi sebuah puisi membuahkan prestasi bagi seorang siswa Sekolah Dasar Islam Raudatul Janah Payakumbuh bernama Habibul Ahmad Alfajri yang sukses meraih juara III lomba Olimpiade Seni Bahasa Indonesia (OSEB) yang dilaksanakan di Kota Tanggerang Selatan pada 21-23 Februari 2019 lalu.

Kepala SD Raudatul Jannah Payakumbuh , Eriyanto mengatakan, pada OSEB tersebut, pihak sekolah mengirimkan sebanyak lima puisi dari para siswanya.

baca juga: Pemko Payakumbuh Targetkan Vaksinasi Terhadap 1.000 Warga Per Hari

"Dari lima puisi murid kami yang telah dikirim tersebut, puisi ciptaan Fajar (Habibul Ahmad Alfajri) yang dipilih oleh panitia seleksi untuk mewakili perlombaan di tingkat nasional," kata Eriyanto, Selasa 26 Februari 2019.

Dikatakannya, pada lomba OSEB tersebut, kategori penilaian 30 persen dari penulisan dan wawancara langsung dengan tim penilai bobotnya 70 persen. Pada tahap wawancara tersebut, cara penyampaian dan penghayatan puisi yang telah diciptakan menjadi salah satu penilaian utama.

baca juga: Siswa SMA Islam Boarding School Raudhatul Jannah Raih Emas Popda Sumbar

Untuk yang ikut dalam perlombaan nasional ini, terdapat sekitar 100 orang siswa dan siswi SD dari seluruh Indonesia. Atas prestasinya sebagai juara III lomba cipta puisi itu, Fajar mendapatkan medali perunggu dan tabanas sebesar Rp2 juta.

Bakat menulis puisi Fajar sendiri sebenarnya diturunkan dari kedua orangtuanya, Agusrianto dan Linda wati yang juga merupakan guru bahasa indonesia di SMP Islam Raudatul Janah. Kedua orangtuanya itu diketahui merupakan penulis dan sudah menerbitkan beberapa buku dan novel.

baca juga: Persiapan Untuk Arungi Liga 3, Gasliko Seleksi Seratusan Pemain

Sebagai bentuk pernghargaan terhadap salah seorang siswa terbaiknya itu, Eriyanto menyebut, pihak sekolah ikut memberikan uang pembinaan.

"Memang untuk siswa siswi kami yang berprestasi dalam lomba apapun  mulai dari tingkat kota selalu kita beri uang pembinaan dan juga ada piala yang kita berikan," terang Eriyanto.

baca juga: Dorong UMKM Bangun Brand Bersama, Menkop UKM Contohkan Produksi Rendang di Payakumbuh

Selanjutnya Eriyanto mengatakan, ke depan ada lomba Olimpiade Sains Nasional (OSN) yang juga akan diikuti Fajar pada Maret nanti.

[Taufik Hidayat Kampai]

Penulis: Iwan R