Penyanyi Komedi Minang Nedi Gampo Meninggal Dunia

Nedi Gampo.
Nedi Gampo. (youtube.com)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Penyanyi Minang , Nedi Erman atau akrab disapa Nedi Gampo, meninggal dunia di Rumah Sakit Ibnu Sina Padang, Kamis, 28 Februari 2019, sekitar pukul 07.30 WIB.

"Kita kehilangan sosok yang menginspirasi," ujar Muhammad Fadli, dosen di Institut Seni Indonesia (ISI) Padang Panjang. Nedi Gampo pernah menimba ilmu di kampus ini ketika masih bernama ASKI Padang Panjang, angkatan 1984.

baca juga: Filosofi Ayam dan Silek Minang

Menurut Manager Gindo Band ini, Nedi merupakan senior yang menginspirasi mahasiswa ISI Padang Panjang karena eksistensinya di dunia musik. Nedi--bersama Edi Cotok dan Ajo Andre (Alm)--yang mempopulerkan lagu komedi Minang .

"Mereka berhasil membuktikan lagu dengan genre komedi ini diterima di masyarakat," ujarnya. Lagu ini berterima di masyarakat karena lirik-liriknya yang membumi. Semua kalangan bisa menerimanya.

baca juga: Budaya Merantau, Dimana Ada Kehidupan Disitu Ada Orang Minang

Menurut Fadli, Nedi Gampo juga dikenal sangat sederhana. Gindo Band yang dipimpinnya, pernah berkolaborasi dalam ajang konser amal untuk Palu. "Itu penampilan terakhir saya dengan almarhum," ujar Ketua Forum Batajau Seni Piaman ini.

Nedi Gampo kelahiran Batusangkar 23 April 1965. Selama hidup, ia menghasilkan album Sagalo Gadang (1993), Aki Suak (1996), Jawinar (1998), Bangku Angek (2000), Uwia-uwia Mintak Gatah (2001), Dimakan Caciang (2005), Angguak-angguak Geleng (2007), dan Barangkek Kosong (2008).

baca juga: Minang Diaspora Salurkan Beasiswa

Sebelum meninggal Nedi Gampo juga terdaftar sebagai calon anggota legislatif untuk pemilihan DPRD Provinsi Sumatera Barat. (*)

Penulis: Pundi F Akbar