Apa yang Terjadi Jika Satu Bulan Tidak Buka Facebook?

ketika orang menyerah di Facebook, mereka menghabiskan lebih sedikit waktu online pada umumnya.
ketika orang menyerah di Facebook, mereka menghabiskan lebih sedikit waktu online pada umumnya. (Pixabay)

KLIKPOSITIF - Menonaktifkan akun Facebook tampaknya sedang digemari saat ini, setelah kebijakan pengumpulan data jejaring sosial menjadi lebih transparan. Tetapi selalu ada hal positif untuk ada di Facebook dan hal positif untuk meninggalkannya.

Sebuah tim peneliti telah mengumpulkan bukti untuk melihat apa yang terjadi ketika orang berhenti masuk akun Facebook untuk sementara waktu. Tim dari Universitas Stanford di AS, membayar beberapa pengguna untuk meninggalkan Facebook selama empat minggu atau satu bulan dan meminta orang lain untuk menyerah hanya dengan menggunakan kontrol diri mereka sendiri.

baca juga: Fitur Baru WhatsApp Telah Dirilis, Pesan Hilang Otomatis Setelah Sepekan

Penelitian yang dihasilkan, Efek Kesejahteraan Media Sosial, memiliki beberapa hal untuk dikatakan tentang perilaku yang jauh dari jaringan sosial. Secara khusus, mereka menemukan empat hasil spesifik. Pertama, ketika orang menyerah di Facebook , mereka menghabiskan lebih sedikit waktu online pada umumnya.

Mereka tidak hanya mengganti Facebook dengan sesuatu yang lain tetapi malah menonton TV atau menghabiskan waktu bersama keluarga dan teman. Mereka juga merasa bahwa mereka kurang informasi tetapi juga kurang terpolarisasi secara politis.

baca juga: WhatsApp Versi Bisnis Kini Dilengkapi Tombol Belanja Langsung

Kedua, para responden menemukan bahwa mereka mengalami sedikit peningkatan dalam kesejahteraan mereka. Penulis penelitian mengatakan, ada sedikit bukti untuk mendukung hipotesis yang disarankan oleh penelitian sebelumnya bahwa Facebook mungkin lebih bermanfaat bagi pengguna' aktif '.

Jadi memosting lebih banyak di Facebook daripada sekadar menggulir membuat banyak perbedaan. Sejumlah responden yang ambil bagian mengatakan, mereka berencana menghabiskan lebih sedikit waktu di Facebook setelah penelitian selesai. Namun, sementara para peneliti mengatakan bahwa kerugian untuk menggunakan Facebook adalah nyata, secara keseluruhan itu adalah layanan yang bermanfaat untuk kita miliki.

baca juga: Facebook Berikan Bantuan untuk Usaha Kecil, Begini Cara Mendapatkannya

Hasil penelitian mengungkapkan sedikit keraguan bahwa Facebook menghasilkan manfaat besar bagi penggunanya. Mayoritas orang dalam nilai sampel kami mengakses selama empat minggu dengan 100 dolar AS atau lebih.

"Penilaian ini dapat menyiratkan kenaikan surplus konsumen tahunan dalam ratusan miliar dolar di AS saja. 60 menit yang dihabiskan peserta kami di Facebook setiap hari itu sendiri menunjukkan nilai penting yang diberikannya," tulis kesimpulan penulis dikutip dari Metro.

baca juga: Facebook Gabungkan Messenger dan DM Instagram

Hasil tentang konsumsi berita dan pengetahuan menunjukkan bahwa Facebook memainkan peran penting sebagai sumber berita dan informasi (nyata). "Kami menemukan bahwa empat minggu tanpa Facebook meningkatkan kesejahteraan subyektif dan secara substansial mengurangi permintaan pasca-eksperimen, menunjukkan bahwa kekuatan seperti kecanduan dan bias proyeksi dapat menyebabkan orang menggunakan Facebook lebih dari yang seharusnya," beber hasil penelitian tersebut.

Dilansir dari laman suara, selain itu, juga ditemukan bahwa sementara penonaktifan membuat orang kurang informasi, itu juga membuat mereka kurang terpolarisasi oleh setidaknya beberapa hal, konsisten dengan kekhawatiran bahwa media sosial telah memainkan peran dalam peningkatan polarisasi baru-baru ini di AS.

Penulis: Fitria Marlina