Malam Lebaran, Masyarakat Pasbar Tumpah Ruah

Kawasan Simpang Ampek Pasbar macet total, Selasa (05/07/2016) malam.
Kawasan Simpang Ampek Pasbar macet total, Selasa (05/07/2016) malam. (Buyung/KLIKPOSITIF)

KLIKPOSITIF – Masyarakat Pasaman Barat ( Pasbar )-Sumbar tumpah ruah saat malam lebaran, Selasa 5 Juli 2016. Tak hanya dipadati oleh masyarakat yang melakukan takbir pawai keliling, tapi masyarakat yang menyerbu pusat perbelanjaan juga tak kalah banyaknya dan membuat jalanan di Pasbar mengalami macet.

Dari pantauan klikpositif, warga Pasbar membludak sesaki sejumlah pertokoan dan Pedagang Kaki Lima (PKL) sepanjang satu kilometer dari Bundaran Simpang Ampek menuju arah Padang, tepatnya sebelum Jembatan Batang Toman .

baca juga: Viral Video Pemukulan Siswa Berseragam SMP di Pasbar, Polisi Periksa Sejumlah Pihak

“Besok sudah lebaran, jadi kami sengaja datang ke pasar tumpah ini untuk membeli kebutuhan lebaran dengan harga yang lebih murah,” kata Afratama, salah seorang pengunjung di Bundaran Simpang Ampek Pasbar .

Sementara itu, masyarakat yang melakukan takbiran dengan cara pawai keliling juga membuat arus lalu lintas tersendat.

baca juga: Video Pemukulan Siswa Berseragam SMP di Pasaman Barat Viral di Facebook

Diantara yang melakukan pawai keliling itu adalah para mahasiswa yang tergabung dalam Ikatan Mahasiswa Air Gadang Barat Kecamatan Pasaman Kabupaten Pasaman  Barat. Mereka melakukan takbir keliling mulai dari Labuah Luruih menuju Bundaran Simpang Ampek dengan menggunakan becak dan mobil pick up bak terbuka dengan jarak tempuh sekitar 12 kilometer.

“Kami sengaja melakukan takbiran dengan pawai obor sebagai simbol menteladani Nabi Muhammad, dan ini merupakan agenda pawai pertama kami laksanakan,” jelas Gustar, salah seorang peserta pawai.

baca juga: Fraksi PDIP Minta Bupati Pasbar Fokus Bekerja, Bukan Fokus Kerja Gonta Ganti Pejabat

Tak hanya itu beberapa kelompok lainnya juga melakukan pawai keliling, bahkan sekitar personel 80 anggota Polres Pasbar juga ikut pawai dengan start di rumah bupati bundaran Simpang Padang Tujuh melewati kantor DPRD hingga berakhir di rumah dinas bupati Pasbar .

“Untuk pengamanan arus mudik, baik di bundaran Simpang Ampek, Kinali dan Ujung Gading, masing-masingnya ditempati  50 hingga 70 anggota,” terang Wakapolres Pasbar Kompol  Rendra Eko Cahyono. (Buyung)

baca juga: Beberapa Kali Mutasi dan Rotasi Sejumlah Pejabat, Bupati Pasbar: Tidak Ada Tekanan Politik

Penulis: Iwan R