Sandiaga Uno Batal Temui Warga di Pasar Payakumbuh, Ini Penjelasan BPK Luak Limopuluah

Ribuan warga Kota Payakumbuh yang menunggu Sandiaga Uno di kanopi Pasar Payakumbuh.
Ribuan warga Kota Payakumbuh yang menunggu Sandiaga Uno di kanopi Pasar Payakumbuh. (Taufik Hidayat Kampai/Klikpositif)

PAYAKUMBUH , KLIKPOSITIF  -- Ribuan warga yang sudah memadati pasar Ibuh dan kanopi pasar Kota Payakumbuh untuk menunggu Calon Wakil Presiden (Cawapres) 02, Sandiaga Uno harus kecewa karena mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta itu batal melewati dua titik tersebut.

Sandiaga Uno sendiri tiba di Payakumbuh sekitar pukul 13.00 WIB makan siang terlebih dahulu di salah satu rumah makan yang terdapat di Keluarahan Limbukan Kecamatan Payakumbuh Selatan. Usai bersantap siang, Sandiaga Uno direncanakan untuk salat di lokasi tersebut dan menuju pusat Kota Payakumbuh untuk menyapa para pendukungnya yang sudah berkumpul di Pasar Ibuh Kanopi Pasar Kota Payakumbuh .

baca juga: Pemko Payakumbuh Segera Serahkan LKPD 2020, Incar WTP Keenam Beruntun

Namun dalam pelaksanaannya, Sandiaga Uno bersama rombongan justru Salat Zuhur di Masjid Muhammadiyah di pusat Kota Payakumbuh . Usai melaksanakan Salat, ia sempat menyapa warga yang sudah menunggu di depan masjid.

Setelahnya, rombongan Cawapres 02 itu langsung bertolak menuju Bukittinggi dan batal menempuh jalur Pasar Ibuh dan pusat pasar Kota Payakumbuh . Sandiaga Uno yang menggunakan kemeja berwarna biru itu hanya melambaikan tangannya terhadap ribuan warga yang sudah menunggu di kanopi pasar Kota Payakumbuh .

baca juga: Perkuat Generasi Muda, BNNK Payakumbuh Seleksi Puluhan Pelajar

Menanggapi batalnya kehadiran Sandiaga Uno ke dua titik di pasar Kota Payakumbuh itu, Kepala Badan Pemenangan Prabowo-Sandi Kabupaten Limapuluh Kota , Deni Asra yang didampingi Kepala BPK Kota Payakumbuh , Nurkhalis Dt Bijo Dirajo mengakui, hal itu memunculkan kekecewaan di sebagian kalangan warga.

"Bahwasannya atas nama BPK Luak Limopuluah kami meminta maaf kepada seluruh warga yang kami pastikan itu kecewa karena batal untuk bertemu dengan Sandiaga Uno ," katanya.

baca juga: Empat UMKM Asal Payakumbuh dan Lima Puluh Kota Ikuti KKI 2021 Seri 1 di Padang

Untuk selanjutnya, tim BPK Kota Payakumbuh dan Kabupaten Limapuluh Kota akan mengkaji ulang atas terjadinya perubahan rute dari run down kegiatan yang sudah tersusun.

"Kronologisnya akan kami pelajari untuk kemudian mengambil sikap lebih lanjut," ujarnya.

baca juga: Ibu Negara Iriana Joko Widodo Ikut Promosikan Tenun Balai Panjang

Sebagai usaha dalam mengobati kekecewaan warga tersebut, pihaknya akan berupaya untuk mendatangkan kembali Paslon 02 ke Luak Limopuluah.

"Pada masa kampanye terbuka nanti, yaitu 21 hari sebelum minggu tenang, kami akan berusaha kembali untuk mendatangkan salah satu calon ke Luak Limopuluah. Bisa saja Prabowo atau kembali Sandiaga Uno ," pungkansya.

[Taufik Hidayat Kampai]

Penulis: Rezka Delpiera