Maling Satroni Kamar Hotel Berbintang di Bukittinggi

Pelaku dan barang bukti yang diamankan polisi
Pelaku dan barang bukti yang diamankan polisi (KLIKPOSITIF/Haswandi)

BUKITTINGGI , KLIKPOSITIF -- Nekat mencuri dalam kamar hotel berbintang empat di Kota Bukittinggi , seorang warga Ladang Laweh Batipuh Baruah Kecamatan Batipuh Tanah Datar-Sumbar bernama Novrizal (41) dibekuk polisi ketika sedang naik ojek pulang ke rumah sekitar pukul 19.00 WIB, Kamis 7 Maret 2019 kemarin.

Dari tangan pelaku, polisi menyita barang bukti berupa uang tunai sebesar Rp1,6 juta dari Rp2 juta yang dicuri, uang Dolar Amerika sebanyak 510 USD dari 1.000 USD yang dicuri, uang ringgit Malaysia sebanyak 422 dari 450 ringgit, uang Dolar Singapura sebanyak 403 dari 600 Dolar yang dicuri.

baca juga: Seorang Pasien Positif COVID-19 Meninggal di RSAM

Selain itu, juga diamankan barang bukti 1 jaket warna cokelat, 1 dompet warna hitam, 1 dompet warna merah, serta beberapa kartu ATM dan kartu Scherfer.

Kasat Reskrim Polres Bukittinggi  AKP Andi Mohamad Akbar Mekuo menjelaskan, peristiwa ini terjadi pada Selasa 5 Maret 2017. Kejadian bermula saat korban bernama Haryanti (49) meninggalkan kamar untuk menghadiri suatu acara. Korban baru mengetahui barang-barangnya telah hilang ketika kembali ke kamar sekitar pukul 23.30 WIB.

baca juga: Fakultas Pariwisata UMSB Gelar TOT Pendampingan Desa Wisata

"Korban menginap di hotel semenjak tanggal Senin 4 Maret 2019, dan korban kehilangan pada Selasa malam. Namun korban baru melapor pada Rabu 6 Maret 2019 pagi, setelah check out dari hotel," ujar Kasat Reskrim, Jumat 8 Maret 2019.

Atas laporan itu kemudian polisi melakukan olah TKP (Tempat Kejadian Perkara) dan memeriksa rekaman kamera pengintai (kamera CCTV). 

baca juga: Polsek Bukittinggi Ringkus Dua Pelaku Pungli di Terminal Aur Kuning, Ini Modusnya

"Siangnya, kami mendapat informasi jika pelaku sedang memakai ATM korban di kawasan Padangpanjang. Atas informasi itu tim bergerak ke lokasi. Namun sesampainya di sana, pelaku sudah tidak ada di sana. Setelah menelusuri lebih lanjut, baru pada Kamis 7 Maret 2019 kami akhirnya menemukan pelaku di kawasan Batipuh," jelas Kasat Reskrim.

Kasat melanjutkan, dalam melakukan aksinya pelaku sengaja mendorong pintu kamar hotel untuk memeriksa pintu kamar apakah terkunci atau tidak.

baca juga: Bukittinggi Tambah 1 Pasien Positif COVID-19, Total 21 Kasus

Dari beberapa kamar, ternyata ada dua kamar yang tidak terkunci. Pelakupun masuk kamar untuk melakukan aksinya.

"Dari dua kamar itu, hanya satu yang melapor, karena hanya satu yang kehilangan. Pada kamar korban, pelaku menemukan koper dan merusaknya, lalu membawa tas dan dompet yang berisi uang tunai serta sejumlah kartu. Sejumlah uang juga telah dipakai oleh pelaku," jelasnya.

Sementara itu pelaku mengaku datang ke hotel karena ada temannya yang lagi ada acara di hotel tersebut. (*)

Penulis: Iwan R