11 Ribu Lowongan Kerja Tersedia di Kementerian BUMN, Apa Saja Syaratnya?

Ilustrasi
Ilustrasi (Net)

NASIONAL, KLIKPOSITIF -- Lowongan pekerjaan dari Kementerian Badan Usaha Milik Negara telah dibuka sejak 8 Maret 2019. Ada sebanyak 11.000 lowongan yang terbuka bagi umum, kaum disabilitas dan warga kawasan timur Indonesia.

Tawaran pekerjaan ini juga terbuka bagi peserta yang memiliki latar belakang pendidikan terakhir SMA/SMK, D3, S1, hingga S2.

baca juga: DPR Minta Baznas Kelola Zakat di BUMN

Meski demikian, ada beberapa persyaratan yang wajib dipenuhi peserta agar bisa lolos dalam setiap tahap seleksi.

Merujuk pada data Kementerian BUMN , persyaratan tersebut berbeda-beda antar- BUMN . Selain itu, persyaratan juga disesuaikan dengan jabatan yang membutuhkan pekerjaan baru.

baca juga: Garuda Indonesia Kalah Gugutan Arbitrase di London, Ini Respon Kementerian BUMN

"Secara umum diatur persyaratan berdasarkan jenjang pendidikan dan usia maksimum," demikian informasi dari Kementerian BUMN .

Untuk persyaratan umum, Kementerian BUMN menerapkan persyaratan berupa putera-puteri terbaik Indonesia lulusan SMA/SMK, Diploma dan S1 hingga S2.

baca juga: Indonesia Bikin Drone Militer, Bisa Terbang 250 Km dan Membawa Rudal

Bagi lulusan SMA dan SMK, usia pelamar maksimal 27 tahun. Sedangkan untuk pelamar kategori lulusan Diploma atau Sarjana, usia maksimal yang dibolehkan adalah 32 tahun.

Adapun untuk program disabilitas, batasannya disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing BUMN . Namun, semua penyandang disabilitas memiliki peluang yang sama untuk bisa mengikuti Program Perekrutan Bersama Pemberdayaan Disabilitas.

baca juga: Makin Aman Terbang di Masa Pandemi, Garuda Indonesia Uji Coba IATA Travel Pass

Dari tahapan seleksi pun, penyandang disabilitas akan menjalani tahapan seleksi yang sama dengan program reguler.

Khusus untuk tuna netra, nantinya akan diminta menggunakan aplikasi text to speech untuk membaca menu maupun pertanyaan tes value dan Tes Kompetensi Dasar online.

Sementara, untuk program Kawasan Timur Indonesia ada persyaratan lokasi yang harus dipenuhi. Program ini hanya berlaku untuk Warga Negara Indonesia yang berdomisili di Daerah Papua, Papua Barat, Maluku, Maluku Utara, Nusa Tenggara Barat dan Nusa tenggara Timur.

Nantinya, mereka ditempatkan di daerah domisili masing-masing atau ditempatkan di seluruh wilayah kerja BUMN sesuai dengan kebutuhan masing-masing BUMN .

Tak hanya itu, bagi seluruh peserta juga diharapkan dapat memilih 3 posisi atau BUMN sesuai dengan latar belakang pendidikan, dan juga minat serta bakat yang dimiliki. Pastikan untuk memilihnya sesuai dengan prioritas yang hendak dituju.

"Setiap kandidat dapat memilih 3 BUMN di awal proses rekrutmen, sesuai dengan passion dan kecocokan dengan persyaratan jabatan yang dibutuhkan oleh BUMN yang dituju," tulis Kementerian BUMN .

Pendaftaran rekrutmen ini masuk dalam Program Perekrutan Bersama. Proses pendaftaran akan dibuka hingga 17 Maret 2019.(*)

Penulis: Ocky Anugrah Mahesa