Jaga Keselamatan di Jalan Raya, Wagub: Sesama Pengendara harus Saling Mengingatkan

Peserta Millennial Road Safety Festival 2019.
Peserta Millennial Road Safety Festival 2019. (istimewa)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Wakil Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) Nasrul Abit meminta pengendara di Sumbar peduli akan keselamatan dan taat berlalu lintas.

Hal itu disampaikannya saat melepas peserta lari dalam rangkaian kegiatan Millennial Road Safety Festival 2019 yang dilaksanakan di jalan khatib sulaiman, Padang, Minggu, 10 Maret 2019.

baca juga: Pengurus Pokdarkamtibmas Sumbar Dikukuhkan, Siap Meminimalisir Tindak Kejahatan

Terutama, lanjutnya, generasi milenial yang menjadi penyumbang angka kecelakaan tertinggi di Sumbar. "Terutama kepada generasi milleneal, saya menghimbau dan mengajak untuk menumbuhkan budaya tertib lalu lintas " pintanya.

Wagub juga meminta sesama pengguna jalan raya untuk saling mengingatkan. Sebab masih banyak pengendara yang tidak tertib lalu lintas dan kemudian merugikan pengendara lain, bahkan jadi pemicu terjadi kecelakaan yang menyebabkan kerugian bagi dirinya dan pengendara lain.

baca juga: Besok Operasi Patuh Singgalang 2020 Digelar, Ini Prioritas Pelanggaran yang Bakal Ditindak

"Kuncinya sabar, saling mengingatkan, hati-hati dan waspada serta tertib berlalu lintas," terangnya.

Menurutnya dengan menumbuhkan kesadaran yang dimulai dari diri sendiri dan sejak dini tentang keselamatan secara bersama-sama,dapat menekan angka kecelakaan serta korban meninggal dunia dijalanan.

baca juga: TNI Gadungan Berpangkat Kolonel Dibekuk Polisi di Padang Pariaman

"Dengan saling mengingatkan sesama pengguna jalan raya, mari kita ciptakan kesadaran, kewaspadaan dengan mengutamakan keamanan dan keselamatan berlalu lintas di Sumbar," ucapnya.

Terakhir, Nasrul Abit mengatakan, Pemprov Sumbar sangat mendukung kegiatan ini dan sekaligus mengucapkan terima kasih kepada Kepolisian yang sudah mengeluarkan kegiatan agar para generasi millenial dapat memahami kesadaran berlalulintas.

baca juga: Kasus Migas Ilegal, Polda Sumbar Sita Puluhan Drum dan Jerigen Berisi Minyak Tanah

"Kami berharap generasi milenial menjadi pelopor keselamatan bagi masyarakat lainnya," tukasnya.

Sementara itu Kapolda Sumbar Irjen Pol Fakhrizal menyampaikan, keselamatan dan ketertiban berlalu lintas terus meningkat namun tidak bisa dipungkiri masih banyak terjadi yang menyebabkan kecelakaan.

Bahkan setiap harinya rata-rata ada 8 kasus kecelakaan dan 2 orang meninggal korban kecelakaan di jalan

“Berdasarkan survei pelaksanaan kegiatan ini diketahui korban kecelakaan dengan usai 17-35 tahun cukup tinggi, maka perlu diantisipasi untuk mewujudkan target zero accident,” katanya.

Dia menyampaikan, kegiatan Millenial Road Safety Festival 2019 untuk mengajak generasi milenial untuk mengutamakan keselamatan dengan tertib lalu lintas , sebagai sasaran karena mengingat tingginya angka kecelakaan adalah generasi muda.

"Target kami menekan angka kecelakaan lalu lintas yang melibatkan generasi millenial atau generasi yang lahir antara tahun 1980 dan 2000, sesuai data korban kecelakaan lalu lintas didominasi dari kalangan millenial, sekitar 55 persen korban adalah millenial," ujarnya.

Disambungnya, kecelakaan tersebut mayoritas berasal dari kendaraan roda dua. "Kami menargetkan di tahun 2020, kecelakaan lalu lintas yang melibatkan millenial harus dibawah 55 persen, kalau bisa di bawah 30 persen," ujar Fakhrizal.

[Joni Abdul Kasir]

Penulis: Agusmanto