Millenial Road Safety Festival di 50 Kota, Kapolres: Angka Fatalitas harus Berkurang

Deklarasi Millenial Road Safety 2019 di Limapuluh Kota.
Deklarasi Millenial Road Safety 2019 di Limapuluh Kota. (istimewa)

LIMAPULUH KOTA , KLIPOSITIF -- Deklarasi Millenial Road Safety Festival, ribuan peserta banjiri Kawasan Kampuang Sarosah, Lembah Harau, Kabupaten Limapuluh Kota , Minggu 10 Maret 2019. Kapolres Limapuluh Kota , AKBP Haris Hadis usai deklarasi mengajak generasi millenial untuk cinta dan tertib berlalu lintas.

Hal ini dikatakannya untuk mengurangi angka fatalitas atau kecelakaan yang mengakibatkan meninggal dunia. Ia menjelaskan bahwa terhitung Januari hingga Maret, kasus pelanggaran khususnya tilang tercatat sebanyak 500 pelanggaran.

baca juga: Tinjau Alat Peringatan Dini Gempa, Ini Pesan Bupati Irfendi Arbi

"Dominasi pelanggaran masih dilakukan oleh generasi millenial, khususnya usia kerja atau produktif dengan mengendarai sepeda motor atau kendaraan roda 2. Sehingga kami terus giat melakukan sosialisasi terkait tertib berlalu lintas kepada generasi millenial," kata AKBP Haris Hadis.

Kapolres menerangkan beberapa pelanggaran yang banyak dilakukan adalah tidak memiliki SIM. Kemudian pengendara, terutama anak sekolah dan pengendara usia produktif juga malas menggunakan helm saat berkendara serta melanggar rambu-rambu lalulintas dan kendaraan tidak memiliki surat-surat kendaraan yang lengkap.

baca juga: "Camping Menggulai Kambing" Cara Pemuda Kayu Kolek Pulihkan Kembali Pariwisata

"Dengan deklarasi Millenial Road Safety Festival ini kami berharap target 50 persen menekan angka fatalitas dapat tercapai dan syukur-syukur dapat zero accident," ujarnya.

Kegiatan Millenial Road Safety Festival ini juga diisi dengan berbagai kegiatan seperti jalan sehat, senam massal, dan atraksi dari Polisi Cilik. Kemudian ribuan peserta yang didominasi generasi millenial ini juga dihibur oleh artis Minang asal Payakumbuh, Kintani Putri Medya.

baca juga: Booming Sepeda Sanki di Payakumbuh, Minions Rider Restorasi Sepeda Jadul Jadi Trendi

[Ade Suhendra]

Penulis: Agusmanto