Tahun Ini, Pemerintah Targetkan 512 Ribu Pekerja Konstruksi Bersertifikat

Ilustrasi
Ilustrasi (Jurnal Asia)

NASIONAL, KLIKPOSITIF -- Pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) pada tahun ini menargetkan sebanyak 512 ribu pekerja konstruksi di Indonesia telah disertifikasi.

Target tersebut ditetapkan karena, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan hingga tahun lalu, jumlah pekerja konstruksi yang bersertifikat masih terbilang sedikit.

baca juga: Karena Pandemi, Sertifikasi Pembimbing Manasik Haji Dilaksanakan Secara Daring

Berdasarkan data jumlah tenaga kerja yang bersertifikat sebesar 616 ribu orang yang terdiri atas 419 ribu tenaga kerja terampil dan 197 ribu tenaga kerja ahli dari total tenaga kerja konstruksi sebesar 8,3 juta orang atau 7,4%.

"Program Percepatan Sertifikasi Tenaga Kerja Konstruksi bukan berarti mempercepat waktu pelatihan dari seminggu menjadi 3 hari. Namun dengan cara berkolaborasi, anggarannya tidak hanya berasal dari Pemerintah Pusat namun juga Pemerintah Daerah," katanya dikutip dari laman resmi Kementerian PUPR.

baca juga: Penceramah Bersertifikat, Kemenag: Bukan Program Sertifikasi Profesi

Basuki menjelaskan pada tahun 2019 ini, target tersebut digarap bersama oleh pemerintah pusat, daerah dan Lembaga Pengembangan Jasa Konstruksi (LPJK).

Di sisi lain, Presiden Joko Widodo menyebutkan bahwa langkah sertifikasi pekerja konstruksi itu perlu dilakukan sebab dunia konstruksi terus berubah seiring dengan perkembangan teknologi.

baca juga: PNP Buka Beasiswa Digital Talent Scholarship 2020, Buruan Daftar Kuotanya Terbatas

Oleh karenanya kecepatan perubahan teknologi harus bisa dikenali, dipelajari dan dimengerti oleh SDM konstruksi Indonesia.

"Saya sangat menyambut baik program sertifikasi SDM konstruksi Indonesia. Ini penting karena memberikan keunggulan, jaminan profesionalisme, mutu, dan akuntabilitas disetiap pekerjaan yang kita miliki," pungkasnya kemudian.(*)

baca juga: Pembangunan Venue Istora Papua Bangkit PON XX Papua Raih 3 Rekor MURI

Penulis: Ocky Anugrah Mahesa