Perbaiki Pengelolaan Sampah, Pemkab Pessel Bangun Bank dan TPS di Pasar Balaisala

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Pesisir Selatan, Jumsu Trisno
Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Pesisir Selatan, Jumsu Trisno (KLIKPOSITIF/ Kiki Julnasri)

PESSEL , KLIKPOSITIF -- Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat bakal membangun satu unit Bank Sampah dan Tempat Pembuangan Sementara (TPS) sampah di Pasar Tradisional Balaisalasa, Kecamatan Ranah Pesisir tahun ini.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Pesisir Selatan, Jumsu Trisno mengatakan, untuk pembangunan ini Pemkab mengucurkan anggaran senilai Rp600 juta untuk masing-masing kegiatan, salah satunya untuk penunjang pengeloaan sampah yang baik di pasar tersebut.

baca juga: Silaturahmi Paslon RA-Rudi di Painan Dipadati Massa

"Kita baru bisa menganggarkan untuk Pasar Balaisalasa, karena mengingat untuk pengelolaan sampah yang ada di sana," sebut Jumsu Trisno kepada KLIKPOSITIF .

Ia mengakui, dari penyedian Bank dan TPS sampah di Pasar Balaisalasa ini, untuk pasar yang lainnya masih banyak yang belum memiliki pengeloaan sampah yang baik. Hal itu mengingat Pemkab harus berproaktif dan mengejar ketersedian anggaran yang memadai.

baca juga: Jelang Masa Tenang, Bawaslu Pessel Ingatkan Paslon Tidak Lakukan Ini

"Untuk yang ini kita upayakan melalui DAK (dana alokasi khusus) pusat, masing-masing kegiatan Rp200. Termasuk untuk peralatannya mencapai Rp600 juta,"jelasnya.

Ia berharap, setelah adanya bank dan bak TPS di Pasar ini, pihaknya akan berupaya lagi untuk mengupayakan pengadaan Bank dan TPS sampah merata di Pessel . Sebab, pengadaan Bank dan Sampah tersebut dinilai sangat mendukung pengaturan dan pengelolaan pembuangan sampah yang baik di daerah.

baca juga: Harimau Masuk Kampung, Masyarakat Danau Kembar Diminta Waspada

"Dengan bertahap kita akan upayakan ini secara terus menerus. Di mana penyedian Bank dan TPS sangat mendukung pengelolaan sampah yang ada di pasar," tutupnya. (Kiki Julnasri)

Penulis: Eko Fajri