Dambakan Sungai dan Laut Bersih, Ribuan Orang Akan Bersihkan Sungai Batang Arau Kota Padang

Sampah di pinggir pantai pelelangan ikan Pasar Pagi Banda Air Pasir Jambak, Kota Padang
Sampah di pinggir pantai pelelangan ikan Pasar Pagi Banda Air Pasir Jambak, Kota Padang (KLIKPOSITIF/Joni Abdul Kasir )

PADANG, KLIKPOSITIF - Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Sumbar Yosmeri menyebutkan, sekitar 2500 orang akan turun ke sungai Batang Arau Kota Padang untuk membersihkan sampah pada Sabtu 23 Maret 2019. Hal itu juga bertepatan dengan momen hari air dan sampah nasional yang jatuh pada bulan Maret ini.

"Aksi ini dalam rangka peringatan Hari Air dan Hari Sampah Nasional, yang jatuh pada Sabtu 23 Maret ini. Aksi akan dimulai pada pukul 06.30 hingga 10.30 WIB. Goro massal ini melibatkan semua SKPD provinsi, kabupaten/kota BUMN dan pihak terkait lainnya," kata Yosmeri, Rabu, 20 Maret 2019.

baca juga: Kasus Meningkat, Wagub: Keluar Masuk Sumbar Harus Kantongi Surat Aman COVID-19

Sebagai peralatan pendukung, lanjutnya, sejumlah alat berat telah disiapkan guna mengangkat sampah yang diambil secara bergotong royong oleh peserta goro massal. Langkah lain agar sungai dan laut bersih dari sampah, pihak DKP dan instansi lainnya juga mengedukasi masyarakat di bantaran sungai agar peduli bersih dan tidak membuang sampah lagi ke sungai.

"Sampah kalau dibuang ke sungai akhirnya sampai ke laut. Akibatnya laut jadi kotor. Terumbung karang rusak dan populasi laut, ikan berkurang. Hasil tangkapan nelayan pastinya juga berkurang dan akan berdampak pada ekonomi nelayan," terang Yosmeri.

baca juga: Tempat Kerja Jadi Klaster Baru di Sumbar, Gubernur: ASN dari Luar Daerah Wajib Swab

Disebutkannya, masing-masing instansi menugaskan stafnya untuk goro massal tersebut. Mereka juga menyediakan fasilitas guna mengangkut sampah yang diambil dari sungai. PT. Semen Padang misalnya menyediakan kapal pembersih sungai dan 40 tempat sampah pariwisata.

"Sampah yang diambil dari sungai akan diangkat pakai eskavator dan kapal. Termasuk boat nelayan yang ada di sekitar kawasan Batang Harau, juga kita libatkan," ujar Yosmeri.

baca juga: Pemprov Sumbar Ciptakan Berbagai Stimulus Guna Bangkitkan Kembali Ekonomi Daerah

Aksi bersih sungai itu rencananya akan dihadiri Gubernur dan Wagub Sumbar, Walikota Padang dan jajaran terkait lain. Melalui aksi goro massal itu diharapkan Muara Padang bisa bersih dari sampah dan Pelabuhan Marina menjadi kawasan objek wisaya sungai yang bersih, aman dan nyaman.

Kata Yosmeri, goro massal itu akan tetap berlanjut sampai Batang Harau bersih dan masyarakat sadar untuk menjaga sungai.

baca juga: Wagub Nasrul Abit Apresiasi PNM sebagai Penyelamat UMK Ditengah Pandemi COVID-19

"Diharapkan juga nantinya juga ada Perwako untuk mengatur tentang persoalan sampah di sungai," harap Yosmeri. (*) 

Penulis: Joni Abdul Kasir