Eloknya "Bumi Minang", Karya Perawat RSUD di Panggung IFW 2019

Model menampilkan busana rancangan seorang perawat RSUD, Diksi Hera Berliana pada Indonesia Fashion Week (IFW) 2019 di JCC, Jakarta, Rabu (27/3)
Model menampilkan busana rancangan seorang perawat RSUD, Diksi Hera Berliana pada Indonesia Fashion Week (IFW) 2019 di JCC, Jakarta, Rabu (27/3) (Suara.com)

KLIKPOSITIF -- Desainer sekaligus perawat dari Rumah Sakit Umum Daerah Balaraja, Banten, Diksi Hera Berliana menampilkan sembilan karya desainnya yang bertajuk 'Bumi Minang' di panggung Indonesia Fashion Week 2019, Rabu, (27/3/2019).

Pada koleksi ini, Diksi membawa nuansa Sumatra Barat lewat desain kain songket pandai sikek.

baca juga: KPU Tanah Datar Tetapkan Eka Putra - Richi Aprian Sebagai Bupati dan Wabup Terpilih Pilkada 2020

"Selama ini songket pandai sikek hanya dibuat sebagai kain tenun, baju kurung, Nah saya ingin membuat dalam bentuk gamis desain dress," kata Diksi saag ditenui wartawan.

Berbeda dengan desainer lain yang tampil di IFW 2019, Diksi memiliki latar belakang sebagai seorang perawat di RSUD Balaraja. Ia berprofesi menjadi perawat sejak 2004 lalu dna baru tiga tahun ini mencoba peruntungan di dunia fesyen dan membawa brand Gallery Namia.

baca juga: Polemik Kerudung di SMK, MUI Sumbar: Seperti Diframing, Telusuri Masalah Ini dengan Benar

Dari sembilan tampilan, Diksi memilih warna-warna khas songket pandai sikek yaitu emas dan hitam.

Diksi banyak menggunakan bahan berupa kain jaguar dan embos yang dipadupadankan dengan kain songket.

baca juga: Simpan Sabu di Dapur, Suami-Istri di Tanah Datar Ini Dibekuk Polisi

"Ini karya pertama saya yang menggunakan songket. Untuk ke depannya saya akan mengangkat budaya Indonesia lagi, tetapi untuk jangka pendeknya saya masuh akan angkat budaya Sumatra Barat, karena masih banyak yang belum digali," tambahnya.

Diksi tampil dihari pertama gelaran IFW 2019 bersama 11 desainer lain diantaranya adalah Dinii Fitriyah, Nines, Elviana dan Ayana Makayla lewat gelaran fesyen show bertema besar 'Modest in Styel'.

baca juga: MK Putuskan Pilkada Kota Solok Tidak Masuk PHPU, KPU Tetapkan Paslon Terpilih

Indonesia Fashion Week 2019 sendiri digelar dari 27 Maret sampai 31 Maret 2019 bertepat di Jakarta Convention Center, Jakarta.

Karya perawat dari Rumah Sakit Umum Daerah Balaraja, Banten, Diksi Hera Berliana ini memukau penonton dengan karya desainnya yang bertajuk 'Bumi Minang. (*)

Sumber: Suara.com

Penulis: Eko Fajri