Tahun Ajaran Baru, Pelajar Kurang Mampu di Sawahlunto Dapat Seragam Gratis

Kepala Dinas Pendidikan Kota Sawahlunto
Kepala Dinas Pendidikan Kota Sawahlunto (Muhammad Haikal/Klikpositif)

SAWAHLUNTO , KLIKPOSITIF -- Kepala Dinas Pendidikan Kota Sawahlunto , Deswanda mengatakan, di tahun ajaran baru mendatang Pemerintah Kota (Pemko) Sawahlunto menyiapkan program pengadaan seragam sekolah gratis bagi pelajar dari keluarga kurang mampu.

Program tersebut menyasar, dari dari seluruh tingkatan, dari Taman Kanak-kanak, dasar dan menengah. Tujuannya agar tidak ada lagi anak di Sawahlunto yang putus sekolah karena biaya.

baca juga: Segmen Sianok Cukup Aktif, BMKG Ingatkan Potensi Gempa Kuat di Sumbar

"Jumlah calon penerima seragam ini sudah didata. Data ini berasal dari rekomendasi masing-masing sekolah," katanya di Sawahlunto , Senin 1 April 2019.

Deswanda menambahkan, penyerahannya seragam tersebut, setelah masuk tahun ajaran baru pada bulan Mei 2019. Seragam sekolah yang diberikan itu, ditambah dengan seragam pramuka dan seragam daerah (tenun Silungkang).

baca juga: Dorong Sektor Pariwisata Kolom Sawahlunto Gelar Sayembara Cerita Rakyat

"Hanya seragam olahraga yang harus dibeli orangtua. Bahkan kalau dana memungkinkan, juga akan dilengkapi dengan sepatu dan tas sekolah" ungkapnya.

Selain itu, ada beberapa program untuk memotivasi prestasi siswa, setiap siswa peraih nilai terbaik 10 besar tingkat kota pada Ujian Nasional (UN) Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama (SLTP) dan Sekolah Lanjutan Tingkat Atas (SLTA) juga diberi reward sebesar Rp1 juta setiap siswa.

baca juga: Telkomsel Dukung Penyesuaian New Normal Bidang Pendidikan Melalui Paket Komunikasi Khusus

"Untuk siswa SLTP dan SLTA yang berprestasi di ajang lomba ditingkat Provinsi dan Nasional. Pemko Sawahlunto memberi reward sebesar Rp1 juta untuk juara 1, Rp750 ribu untuk juara 2 dan Rp500 ribu rupiah untuk juara 3," tuturnya.(*)

Penulis: Muhammad Haikal